KULINER

Bingkisan Lebaran Kolaborasi Karya Anak Negeri

Yatin Suleha
Selasa 27 April 2021 / 22:21
Jakarta: Sejarah memberikan bingkisan di hari besar dan hari raya secara luas dikenal dengan istilah hampers. Pemberian ini merupakan sebuah makna simbolik yang bernilai dari seseorang kepada orang lain.

Dalam laman Tamasia disebutkan, bahkan tradisi ini sudah ada sejak abad ke-11, saat diperkenalkan pertama kali oleh William The Conqueror setelah Pertempuran Hastings.

Dan di masa pandemi covid-19, berbagai variasi hampers atau hantaran untuk Lebaran bisa sangat beragam. Kalau era 90-an dominasi aneka makanan kalengan, snack dalam bungkusan, dan aneka set keramik, saat pandemi ini hantaran Lebaran sudah begitu luas variasinya. 

Sebut saja dari aneka kebutuhan kopi, biji kopi, grinder manual, atau kebutuhan bercocok tanam juga sedang diminati. Tapi tentu saja siapa yang bisa menolak hampers berisi aneka kopi siap saji, minuman segar, dan kue-kue yang enak?

Salah satu kolaborasi UMKM anak negeri yaitu KISAKU dengan Roti Dodo dan tas Rajoet bisa jadi salah satu pilihan kamu. Pasalnya tiga rangakaian ini terlalu sulit untuk ditolak. Mulai dari kualitas hingga rasanya. 

Medcom.id mencoba Croissant Egg Tart dan Pandan Srikaya Milk Bun dari Roti Dodo. Mungkin terbayang jika kamu pernah menyinggahi Portugal dengan kekhasannya Portuguese egg tart dengan crispy kulit yang garing bersisik tipis-tipis namun terisi creamy custard di tengahnya. 

Ini benar-benar tidak bisa terbayangkan kelezatannya. Dan jujur saja, lebih enak daripada tulisan ini jika kamu mengigitnya. Kue jenis ini juga sedang in di Korea lho!

Tentu saja kolaborasi ciamik ini selaras dan sejalan dengan gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang diperkenalkan oleh pemerintah. 

Catherine Halim, co-founder dan Marketing Director KISAKU bilang, "Kolaborasi dapat meningkatkan daya saing bisnis dan memperbesar kesempatan untuk bertahan di masa pandemi.”


lebaran
(Pandan Sejuk, minuman dengan aneka rasa yang menyegarkan. Foto: Dok. KISAKU)
 

Pilihan yang 'menyejukkan'


Belum puas dengan roti-rotian di atas? Jangan khawatir karena bagian pelepas dahaga tentu saja ada. KISAKU memperkenalkan minuman yang dijual secara khusus selama bulan puasa 13 April – 12 Mei 2021 yaitu Pandan Sejuk. 

Meneguk minuman ini terasa 'membingungkan' dengan cara yang menyenangkan. Entah hendak mengarah ke mana yang pasti menuju sebuah kebahagiaan. 

Rasa sereh, kayu manis, dan sedikit jahe, serta dihidangkan dengan potongan lidah buaya dan biji chia, apakah kamu pernah mencobanya? Menurut kami ini ide cemerlang dan luar biasa menyejukkan. Apalagi saat diminum dingin ketika berbuka puasa. 'Nyesss' banget..

Semuanya dihantarkan dalam bingkisan tas cantik karya anak negeri Rajoet yang senantiasa berkomitmen untuk mengurangi sampah sekali pakai dan membantu memberdayakan masyarakat lokal Magelang.

Pilihan warna klasik hitam dan putih dalam tasnya mengambil gaya ide zig-zag yang cantik nan elegan dengan keychain transparan yang terkesan mewah.

Catherine Halim mengatakan, “Setiap tujuan besar berawal dari langkah kecil. Langkah kecil yang dilakukan secara bersama kami harap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar, apalagi menjalani masa pandemi ini bagaikan lari maraton dan bukannya lari cepat."

"Untuk itu para pebisnis dan UMKM harus saling memberikan dukungan, agar secara bersama dapat bertahan melewati masa pandemi,” katanya lagi.

Jadi, untuk kamu yang ingin memberikan hantaran Lebaran jangan bingung lagi, karena kolaborasi kece kreasi anak negeri ini sudah bisa kamu beli dengan kisaran harga dua varian yaitu Classic (Rp399.000) dan Deluxe (Rp499.000). Tiap tipe disertai dengan Pandan Srikaya Milk Bun atau Croissant Egg Tart dari Roti Dodo

Tipe Classic berisi satu botol Pandan Latte atau Pandan Sejuk ukuran satu liter, lima drip bag coffee, Pandan Srikaya Milk Bun dari Roti Dodo, serta tas Rajoet. 

Sedangkan paket Deluxe berisi satu botol Pandan Latte dan Pandan Sejuk ukuran satu liter, satu paket drip bag coffee isi lima, Pandan Srikaya Milk Bun dan Croissant Egg Tart dari Roti Dodo, serta tas Rajoet. 

Jadi kamu tidak perlu bingung lagi mencari hampers Lebaran ya, karena kolaborasi hantaran KISAKU bangga dengan karya-karya anak negeri yang memiliki karakteristik dan identitas brand masing-masing.
(TIN)