KULINER

Cara Pilih Kolang-kaling dan Mengolahnya

Kumara Anggita
Kamis 15 April 2021 / 21:12
Jakarta: Bulan puasa atau Ramadan identik dengan buah yang satu ini, yaitu kolang-kaling. Sering juga disebut dengan buah atap berasal dari biji pohon aren (Arenga pinnata) sering diolah untuk minuman segar dan camilan manis.

Tapi, bagaimana mengolah dan memilih kolang-kaling yang benar? Ada tipsnya seperti dilansir dari Endeus. Yuk, simak!
 

Cara pilih kolang-kaling


Sebaiknya kamu pilih kolang-kaling muda yang sudah dikupas agar mempermudah proses pembuatannya. Ciri kolang-kaling muda yaitu pipih, warnanya lebih putih cenderung transparan, lebih lebar, dan bertekstur lebih kenyal.
 

Cara mengolah kolang-kaling agar tak bau asam


Ada cara khusus yang perlu kamu terapkan supaya kolang-kalingmu tidak bau asam. Pertama mencucinya di air mengalir dan tiriskan. Kemudian rendam selama satu sampai dua jam lalu bilas dengan air bersih sampai kolang-kaling terasa kesat saat dipegang.

Supaya bau kolang-kalingnya juga lebih enak, kamu bisa merebusnya bersama daun pandan dan daun jeruk yang tulangnya sudah dibuang. Cara ini juga ampuh menghilangkan rasa asam pada kolang-kaling. Selanjutnya, kolang-kaling bisa disimpan dalam wadah kedap udara.


kolang-kaling
(Kamu juga bisa mengolah kolang-kaling untuk berbagai kreasi minuman atau kudapan segar. Foto: Dok. Instagram Kolang Kaling Ayaya/@kolangkalingayaya/repost @eddriantjhia)
 

Cara membuat manisan kolang-kaling 


1. Untuk membuat manisan kolang-kaling yang sederhana, bahan-bahan yang disiapkan adalah air, kolang-kaling, daun jeruk, daun pandan serta pewarna untuk menambah warna pada manisan kolang-kaling. Perbandingan air dengan gula pasirnya adalah 1:3 dimana 1 gula pasir dan 3 untuk takaran airnya.

2. Selanjutnya masukkan kolang-kaling ke dalam panci lalu tuang air. Masukkan juga daun jeruk dan daun pandan. Bila kamu mau membuat manisan kolang-kaling dalam warna berbeda, rebusannya bisa dipisahkan.

3. Saat air sudah setengah mendidih, baru masukkan kolang-kaling. Rebuslah sampai airnya berkurang setengah. Untuk waktu perebusan tidak ada yang pasti karena tergantung jumlah kolang-kaling yang akan dibuat menjadi manisan.

4. Ketika airnya sudah tinggal setengah atau kolang-kalingnya sudah empuk, barulah masukkan gula pasirnya. Masak sampai airnya berkurang.

5. Setelah sudah matang, tinggal tiriskan maniskan kolang-kaling. Manisan kolang-kaling siap disantap.
 

Cara menyimpan manisan kolang-kaling di kulkas


Jika manisan kolang-kalingnya dibuat dalam jumlah banyak, kamu bisa menyimpannya di kulkas. Sebelum disimpan, pastikan manisan kolang-kaling sudah dalam keadaan dingin atau suhu ruang. 

Setelah itu manisan bisa disimpan di dalam wadah tertutup. Pastikan manisannya tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk.

Manisan kolang-kaling ini bisa disimpan di dalam kulkas bagian chiller selama seminggu. Bila disimpan di dalam freezer bisa tahan sampai berbulan-bulan.
 

Memanfaatkan kolang-kaling jadi santapan enak


Manisan kolang-kaling bisa langsung disantap, tapi akan lebih nikmat bila disajikan dingin. Jadi, sebelum dihidangkan alangkah baiknya manisan kolang-kaling disimpan di dalam kulkas selama empat jam dulu baru disantap.

Selain langsung disantap, kamu bisa memanfaatkan manisan kolang-kaling sebagai campuran minuman atau es buah. Tapi ingat, karena rasa manisan kolang-kaling sudah manis, perhatikan penggunaan gula di dalam minuman atau es buah kamu ya. Selamat mencoba!

(TIN)