KULINER

4 Cara Bikin Makaroni Panggang

Yatin Suleha
Kamis 10 Juni 2021 / 07:00
Jakarta: Makaroni adalah pasta yang bisa disulap menjadi banyak masakan. Misalnya jadi campuran ke dalam sup, dijadikan makaroni goreng, atau bahkan dijadikan makaroni panggang

Salah satu olahan makaroni yang disukai adalah makaroni panggang atau sering disebut makaroni skotel. Makaroni skotel ini biasanya dibuat dalam porsi sepinggan atau porsi untuk sekeluarga, jadi cocok banget disajikan sebagai menu makan siang di saat akhir pekan. 

Nah, bagaimana cara membuatnya? Endues akan memberikan ENDEUSiast cara membuat makaroni panggang yang pasti enak, sukses dan moist teksturnya.
 

1. Cara merebus makaroni


Cara membuat makaroni panggang dimulai dari merebus makaroni yang benar. Merebus makaroni pasti terdengar sepele, padahal salah sedikit bisa menghasilkan makaroni yang kelembekan. 

Makaroni sendiri banyak jenisnya, ada yang panjang, besar dan kecil tentunya. Semakin besar makaroni yang digunakan biasanya semakin lama waktu merebusnya. Begitu juga dengan makaroni kecil, biasanya waktu merebusnya jadi lebih cepat.

Untuk merebus makaroni yang benar, didihkan dulu air bersama sedikit garam dan minyak. Setelah air mendidih, baru masukkan makaroni. 

Seberapa lama merebus makaroni biasanya tertera di belakang kemasan makaroni. Biasanya sekitar 10 menit, tapi sebelum genap 10 menit atau kira-kira 8 menit, kita bisa cek kematangan makaroni.

Kalau makaroninya sudah empuk, boleh kita angkat. Lalu siram makaroni dengan air dingin supaya tidak lanjut mengembang. Perciki makaroni dengan minyak supaya tidak menempel satu sama lain. 

Enaknya lagi makaroni yang matang bisa diperciki dengan minyak zaitun jadi rasa dan aromanya lebih nikmat. Makaroni ini siap dimasak menjadi makaroni panggang.
 

2. Cara menumis makaroni


Setelah makaroni direbus, kita tumis makaroni. Tumis dulu bawang putih dan bawang bombai yang dicincang lalu tambahkan daging seperti smoked beef atau fillet ayam yang dipotong. Tambahkan tepung terigu lalu aduk hingga berbutir.

Baru tambahkan susu cair sedikit demi sedikit. Jangan sampai menuang susu sekaligus supaya tidak bergerinjil hasilnya. Baru deh masukkan makaroni dan bumbu seperti garam, merica dan pala bubuk. Masak sampai meletup-letup, tuang makaroni yang sudah ditumis ini dalam pinggan tahan panas.


makaroni
(Memanggang makaroni panggang ini punya teknik sendiri yakni teknik au bain marie yaitu menambahkan air panas ke dalam loyang yang lebih besar yang akan menjadi loyang alas. Ini dilakukan agar hasilnya tidak kering dan tetap moist. Foto: Dok. Endeus)
 

3. Perhatikan komposisi makaroni dan cairan yang digunakan


Salah satu kegagalan membuat makaroni skotel adalah komposisi makaroni dan cairannya tidak sesuai. Kebanyakan cairan justru membuat makaroninya jadi basah bahkan hancur saat dipotong. Ada dua cara menambahkan bahan cair ke dalam makaroni. 

Pertama susunya dicampur dulu ke dalam tumisan lalu baru tuang kocokan telur. Cara kedua adalah membuat bahan cair yang terbuat dari kocokan telur dan susu cair. Bila membuat adonan bahan cair, jangan tambahkan susu ke dalam tumisan makaroni.

Pastikan saat membuat adonan bahan cairnya, pastikan telur dan susunya tercampur rata. Sebaiknya kocok dulu telurnya sampai rata baru deh dicampur susu. 

Kalau telurnya belum rata akan susah tercampur dengan susu. Jadinya adonannya bisa basah dan susah dipotong. Setelah adonan cairnya dibuat, tuang makaroni yang sudah ditumis ke dalam pinggan tahan panas, baru deh tuang adonan cairnya.
 

4. Cara memanggang makaroni supaya tidak kering


Kegagalan membuat makaroni panggang lainnya adalah terlalu kering. Kenapa bisa kering ya? Tentu karena memanggangnya tidak benar. Memanggang makaroni panggang ini punya teknik sendiri yakni au bain marie. 

Teknik memanggang ini dilakukan dengan cara menambahkan air panas ke dalam loyang yang lebih besar yang akan menjadi loyang alas. Setelah itu taruh pinggan berisi makaroni di atas loyang lebih besar yang sudah dituang air panas. 

Jumlah airnya jangan terlalu banyak ya, cukup kurang dari 1 cm saja. Soalnya kalau terlalu banyak air akan membuat makaroni panggang jadi terlalu basah.

Sebelum dipanggang, jangan lupa kita tambahkan topping di atasnya. Toppingnya bisa berupa parutan keju cheddar. 

Jadi toppingnya akan renyah dengan makaroni yang moist, wah rasanya jadi enak banget deh. Setelah ditabur topping, makaroni panggang ini bisa kita oven dengan api bawah dengan suhu 170 derajat Celsius selama 30 menit sampai matang.

Gampang banget, kan, membuat makaroni panggang sendiri di rumah? Hasilnya dijamin enak dan teksturnya pas di lidah deh. Jadi, selamat mencoba ya!



(TIN)