KULINER

Cara Menyiasati Anak agar Tak Jenuh Mengonsumsi Susu

A. Firdaus
Kamis 03 Juni 2021 / 06:06
Jakarta: Anak-anak yang membutuhkan susu untuk pertumbuhannya, kadang menemui titik jenuh untuk mengonsumsi cairan putih tersebut. Untuk menyiasatinya, orang tua harus bisa melakukan beberapa cara.

Chef sekaligus Konsultan Kuliner, Nanda Hamdalah mencoba membagi ide agar orang tua bisa membuat anak tetap mendapatkan asupan susunya setiap hari. Berikut di antaranya:
 

1. Susu bubuk


Varian susu bubuk dapat digunakan untuk campuran tekstur penganan ringan. Bisa sebagai lapisan susu dan gula halus pada kue atau camilan.  

"Taburan susu bubuk dapat meningkatkan tekstur dan warna sajian agar lebih menarik dan nikmat," ujar chef Nanda dalam E-Talkshow Frisian Flag Indonesia Memperingati Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara.
 

2. Kental manis


Sedangkan pada format kental manis, tekstur creamy dan rasa yang nikmat dapat memperkaya rasa pada masakan. Dalam penggunaan susu kental manis yang perlu diperhatikan adalah takaran dalam pengaplikasiannya, untuk menemukan rasa dan tekstur yang pas dengan selera.
 

3. Susu Cair


Sementara susu cair siap minum, cocok digunakan untuk segala kesempatan, termasuk untuk sarapan. Susu cair bisa dimanfaatkan ke beragam kreasi olahan, misal membuat nasi kuning untuk sarapan tanpa santan, atau berbagai macam milkshake sehat yang cocok untuk pagi hari.

"Penggunaan berbagai format susu ini memberikan kemudahan dan kenikmatan dalam berbagai menu andalan keluarga," pungkas chef Nanda.
(FIR)