KULINER

6 Cara Bikin Bakwan Renyah

Yatin Suleha
Jumat 16 April 2021 / 07:00
Jakarta: Gorengan bakwan atau dalam Bahasa Sunda disebut bala-bala memang salah satu primadona takjil saat buka puasa.

Sepertinya tak hanya di bulan Ramadan, bakwan juga bisa jadi camilan semua waktu apalagi jika disandingkan dengan teh manis yang hangat.

Tapi, membuat bakwan sendiri di rumah terkadang tidak bisa seperti yang dijual di tukang gorengan. Memang masih misteri ya, kenapa gorengan abang-abang itu selalu enak. Tapi, tenang, sebenarnya kita bisa membuat bakwan seperti yang dijual di tukang gorengan sendiri di rumah lho. 

Nah, Endeus akan memberi tahu ENDEUSiast cara bikin bakwan renyah dan enak! Simak yuk langkah-langkahnya.
 

1. Pemilihan bahan

 
Potong tipis kol, wortel, tauge, dan daun bawang. Tambahkan bahan lain seperti telur puyuh, seafood seperti cumi atau udang ke dalam adonan. Bakwan yang enak adalah bakwan yang saat digigit renyah tapi saat dimakan terasa lembut dan terasa isiannya. 

Karena itu, adonan tepungnya harus dibuat benar agar tak hanya renyah saat diangkat dari penggorengan saja, karena biasanya lemas setelah beberapa waktu.

Kamu bisa menambahkan tepung beras atau tepung maizena ke dalam adonan tepung terigu agar gorengan bisa tahan kerenyahannya.

Bumbu bakwan adalah bawang putih, bawang merah, garam dan sedikit merica. Bahan cair yang digunakan bisa berupa santan dan air. Apapun bahan cair yang digunakan pastikan dingin supaya hasil bakwannya renyah maksimal.
 

2. Cara buat adonan bakwan 


Kalau kamu mau membuat adonan tepung bakwan yang renyahnya tahan lama, adonan bakwan harus lebih encer. Adonan yang encer ini akan lebih cepat mematangkan bakwan dan lebih garing saat digigit.

Jangan sampai tekstur bakwan kental atau terlalu banyak tepung, bisa-bisa bakwan cuma tebal saja tapi tidak renyah.

Kalau mau mengetes kerenyahan bakwan, kita bisa goreng sebanyak satu sendok sayur dulu dan goreng sampai kuning keemasan.

Jika bakwannya terlalu tebal, bisa tambahkan bahan cairnya lagi. Begitu juga kalau terlalu encer bisa ditambahkan tepung. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu perasa biar bakwan gurih dan tidak hambar ya!
 

3. Perhatikan porsi tepung


Untuk membuat bakwan yang renyah, kita harus memerhatikan beberapa hal. Dimulai dari pembuatan adonannya, jangan hanya menggunakan tepung terigu saja, tetapi bisa tambahkan tepung beras atau tepung kanji. Penambahan tepung ini tidak boleh melebihi jumlah tepung terigu, cukup 1/4-nya saja.

Selain penambahan tepung lainnya, membuat bakwan juga tidak boleh menambahkan telur utuh ke dalam adonannya. Telur utuh, khususnya kuningnya mengandung banyak lemak yang bisa menghambat bakwan renyah. 

Kalaupun renyah paling hanya di awal saja, setelahnya kurang renyah dan jadi lembek. Di dalam adonan juga harus ditambahkan sedikit baking powder yang double acting sehingga mengembangkan adonan saat digoreng juga.


bakwan
(Tambahkan bahan cair santan atau air jika bakwan masih kurang garing saat digoreng. Foto: Dok. Endues)
 

4. Tips membentuk bakwan


Bakwan biasanya langsung digoreng saja, disendokkan lalu dilepaskan di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Hasilnya, bakwan jadi banyak yang berbeda ukurannya. 

Bagi kamu yang menyukai segi estetika-jangan salah, bakwan pun bisa tampil estetik dengan ukuran yang sama. Caranya kamu membutuhkan sendok sayur stainless.

Setelah dipanaskan sedang minyak goreng, celupkan sendok sayur stainless steel ke dalam minyak, lalu masukkan adonan ke dalam sendok sayur. 

Goreng bersama dengan sendok sayurnya sampai bagian luar bakwan sudah berkulit. Jika sudah berkulit, lepaskan bakwan dari sendok sayur dengan bantuan spatula, lalu lanjut menggoreng. Dengan bantuan stainless steel ini membuat bentuk bakwan menjadi bulat yang bagus. 
 

5. Cara menggoreng bakwan di suhu yang tepat


Kalau tidak ada sendok sayur berbahan stainless steel, kamu bisa membuat bakwan yang tipis dan garing. Saat menggoreng bakwan, usahan kita gunakan penggorengan yang cekung dan minyak yang banyak. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang. 

Setelah itu, sendokkan adonan bakwan di pinggir-pinggir wajan dan biarkan adonan jatuh sendiri ke dalam minyak.

Siram-siram adonan bakwan sampai tidak lengket dan akhirnya tercopot sendiri dari penggorengan dan masuk ke dalam minyak goreng.

Tips lain saat menggoreng bakwan renyah adalah menusuk-nusuk bakwan dengan ujung spatula untuk mengeluarkan adonan yang masih basah dari dalam bakwan. Setelah itu lanjutkan menggoreng hanya menggunakan api sedang saja sampai bakwan kuning keemasan baru angkat.
 

6. Cara membuat bakwan tidak berminyak


Ingin menikmati bakwan yang tidak berminyak? Caranya siapkan tempat untuk meniriskan bakwan setelah matang. Usahakan alas tempat tersebut dengan kertas merang atau tisu dapur. Saat ingin meniriskan bakwan, jangan langsung menuangnya langsung banyak ke atas tempatnya. 

Ambil satu per satu dari saringan menggunakan capit lalu letakkan bakwan dalam posisi berdiri. Dengan posisinya yang berdiri ini minyak yang terkandung di dalam bakwan akan turun dan bakwan akan bebas dari minyak berlebih.

Langkah berikutnya, ganti tisu atau kertas merang saat keduanya makin terlihat bening. Semakin bening, semakin banyak minyak yang tertampung di dalamnya dan segera ganti.

Dengan begini, kerenyahan bakwan bisa kita nikmati tanpa takut sakit tenggorokan karena minyak berlebihan. Jadi, selamat mencoba ya!




(TIN)