KULINER

10 Rujak Enak di Indonesia (Bag 1)

A. Firdaus
Jumat 30 Oktober 2020 / 07:05
Jakarta: Indonesia terkenal dengan segala kulinernya. Termasuk rujak yang ternyata, banyak variasi dengan rasa yang berbeda pula.

Rujak sendiri merupakan makanan tradisional yang memiliki campuran berbagai macam sayuran atau buah. Selain itu dibubuhi bumbu atau kuah yang telah dicampuri cabai.

Dilansir dari Indonesia Travel, berikut 10 rujak enak Indonesia:
 

1. Rujak U Groh Aceh


Aceh Besar memiliki rujak khusus yang disebut rujak U Groh. Dibandingkan dengan rujak kebanyakan berisi irisan buah-buahan, rujak dari Serambi Mekah ini justru terbuat dari cangkang lunak kelapa muda.


Rujak U Groh Aceh (Foto: www.picbon.com)

Meski teksturnya lembek, rujak U Groh ini lebih renyah saat dikunyah. Sebab rujak ini dibumbui dengan campuran gula merah, cabai, tepung roti, dan air jeruk nipis demi menambah kesegaran saat menyantapnya.
 

2. Rujak Mi Palembang


Rujak unik lainnya berasal dari Palembang. Daerah ini sebenarnya terkenal dengan baso ikannya yang disebut pempek, dan itulah penduduk asli Palembang menyebut Pempek itu adalah rujak mi mereka.



Seperti namanya "mie" yang secara harfiah berarti mi, bahan rujak Palembangnya adalah pempek, dan tentunya mi yang banyak. Rujak ini berisi mi kuning atau putih, pempek, dan ketimun dengan sambal cuko lokal yang pedas-gurih manis.
 

3. Rujak Juhi Jakarta


Jakarta punya rujak andalan, yaitu rujak mi atau rujak juhi. Bintang dari sajian tradisional ini bukanlah mi, melainkan juhi atau sotong kering yang dipanggang.

Dalam rujak ini, juhi dipadukan dengan mi kuning, irisan mentimun, selada, atau kol, serta kentang yang disajikan dengan bumbu kacang. Makin enak jika rujak ini ditambah kerupuk atau keripik mi.
 

4. Rujak Es Krim Yogyakarta


Rujak es krim hadir karena orang Yogyakarta suka memasukkan es krim ke dalam rujak mereka. Rujak ini berisi abon buah-buahan, seperti nanas, bangkuang, dan mentimun.



Kombinasi segar ini kemudian dibumbui dengan sambal dan akhirnya diberi topping es krim lokal rasa kelapa. Rujak es krim menjadi pilihan tepat untuk dinikmati saat Yogyakarta dalam cuaca panas.
 

5. Rujak Gobet Malang


Bergeser ke Timur, ada Malang yang memiliki rujak gobet sebagai andalan mereka. Rujak ini berisikan buah-buahan, seperti plum, bangkuang, mangga hijau, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk Bali. Buah-buahan tersebut diparut dan direndam dalam kuah dengan rasa pedas manis gurih.
(FIR)