KULINER

Menyantap Ketupat Ikan Bakar, Kuliner khas Lembata

Arthurio Oktavianus Arthadiputra
Jumat 30 April 2021 / 19:08
Lembata: Menjejak di Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur, jangan lupa mencicip Ketupat Ikan Bakar. Kuliner lezat yang mengugah selera saat disuguhkan ini sering dijual penduduk di pulau yang menyimpan banyak pesona menakjubkan tersebut.

Lembata merupakan kabupaten yang memiliki potensi perikanan yang melimpah. Kuliner olahan berbahan dasar ikan, banyak ditemukan di pasar tradisional maupun pondok kuliner milik penduduk setempat. Satu di antaranya adalah ketupat ikan bakar.

Kuliner Ketupat Ikan Bakar paling umum mengisi meja jualan di pondok kuliner di Kabupaten Lembata. Dari namanya sudah diketahui bahwa kuliner ini merupakan perpaduan antara ketupat dan ikan yang dibakar.

Isi ketupat adalah nasi ketan yang pulen beraroma wangi berbalut anyaman daun kelapa. Rasanya sangat nikmat karena dikukus menggunakan santan. Bagi penyuka rasa original, tersedia pula ketupat tanpa santan sama sekali.

Sedangkan ikan bakarnya merupakan ikan segar hasil tangkapan nelayan yang baru pulang melaut. Ikan yang sering digunakan adalah ikan melus atau ikan peda. Lalu, ikan tersebut diracik dengan bumbu olahan pedagang sendiri.

Biasanya, menu komplit kuliner ini adalah ketupat, ikan bakar, dan sayur dari bahan buah pepaya atau daun pepaya. Bagi penyuka makanan pedas, bisa mengguyurkan sambal goreng yang akan membuat sajian ketupat ikan bakar semakin sempurna.

Di bulan puasa ini, kuliner ketupat ikan bakar pun sangat cocok sebagai menu berbuka puasa bersama keluarga atau teman. Bayangkan, kamu sedang menyantap ketupat ikan bakar sambil menikmati keindahan panorama yang disuguhkan Pulau Lembata, dari lopo (pondok) kayu beratap ilalang.

Tentu akan membuat petualanganmu semakin komplit. Karena, perut kenyang, mata pun puas memandang keindahan alam yang disuguhkan oleh Pulau Lembata.
(FIR)