KULINER

Kiat Sukses Memulai Usaha Rumahan dari Owner Mamarasa Kitchen

Raka Lestari
Jumat 26 Februari 2021 / 17:11
Jakarta: Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, banyak orang yang mulai melakukan usaha rumahan. Selain bisa memberikan penghasilan tambahan, dengan menekuni usaha rumahan juga bisa membuat kita melupakan sejenak mengenai ketidakpastian di masa pandemi ini.

Debby Setiawaty, owner dari Mamarasa Kitchen memberikan tips yang bisa dilakukan oleh mereka yang ingin mulai menekuni usaha rumahan. Langkah pertama, pilih konsep dan produk yang unik dan sesuai passion. Jangan paksakan, misalnya kamu suka membuat masakan Indonesia tapi ingin membuat masakan western biar terlihat keren.

"Semakin unik produk kita, semakin punya ciri khas sendiri. Itu yang perlu dibentuk di awal," ujar Debby dalam Webinar Enterpreneurship Series for Media Group.

Kemudian untuk step yang kedua, Debby menyarankan untuk menyiapkan kemasan yang aman dan menarik. Aman itu yang food grade, baru kemudian menarik. Sesuaikan juga kemasan dengan target market. Jangan sampai kemasan terlalu mewah, padahal tidak cocok.

"Selain itu, siapkan foto-foto yang mengunggah selera. Jangan lupa kalau untuk makanan, buat orang tergoda dengan makanannya. Kalau orang tidak tertarik, berarti itu gagal. Jangan takut, kita coba lagi. Bagaimana caranya orang mau produk kita hanya dari foto saja," ujar Debby.

Untuk step yang ketiga, menurut Debby adalah dengan melakukan pemasaran secara online. Melalui Instagram, Facebook, WhatsApp Bisnis, juga bisa.

"Kalau saya lebih ke Instagram karena di Indonesia itu yang paling kuat. Dan saya biasanya juga menggunakan fitur Instagram Ads untuk melakukan promosi," tambah Debby.

"Step keempat, promosi melalui teman-teman terdekat. Jangan malu, coba saja. Untuk pertama, jangan suruh mereka untuk membeli tetapi kasih aja sample. Bawain produk kita supaya mereka bisa mencoba. Kalau mereka suka, barulah kita coba jualin," terang Debby.

Untuk step yang terakhir, Debby menekankan agar selalu menjaga kualitas produk dengan baik. Jika produk yang dijual adalah makanan, usahakan rasanya konsisten.

"Dan jangan lupa untuk mengadakan promosi untuk pelanggan-pelanggan tetap. Kemudian juga adakan promosi khusus di hari-hari besar misalnya Ramadhan dan Natal," tutup Debby.
(FIR)