KULINER

Yuk, Bernostalgia Kuliner Legendaris Glodok Pancoran

A. Firdaus
Jumat 26 November 2021 / 12:10
Jakarta: Glodok merupakan kawasan penting dalam proses berdirinya Kota Batavia hingga berkembang menjadi Kota Jakarta seperti sekarang ini. Sementara itu, pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, ada kawasan Glodok Pancoran yang menjadi pintu gerbang Menuju Kota Batavia dari arah selatan.

Glodok Pancoran tentunya juga memiliki sejarah kuliner yang mengikuti perkembangan kehidupan masyarakat dari masanya hingga saat ini. Ada yang bertahan, ada yang hilang. Dan kuliner Glodok Pancoran saat ini dikenal memiliki kuliner-kuliner legenda yang lezat, dengan citarasa peranakan yang tetap mempertahankan warisan resep-resep leluhurnya.

Menggandeng JIISCOMM selaku penggiat kuliner nusantara, Hublife 'memindahkan' lebih dari 20 legenda kuliner Glodok Pancoran ke Food Market. Festival kuliner ini dimulai dari 24 November hingga 5 Desember mendatang.

“Kali ini, kami ingin mengangkat kuliner-kuliner legendaris Jakarta dari kawasan Glodok Pancoran, untuk melestarikan kelezatan kuliner lokal sebagai bagian dari warisan budaya nusantara," ujar Nazira C Noer, Deputy GM Business Development & Casual Leasing ASRI.


Sate Padang Petak IX. (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

"Maka dari itu, kami berkolaborasi dengan JIISCOMM selaku penggiat kuliner nusantara di Hublife. Di acara ini customer dapat menikmati berbagai promo menarik diataranya: diskon 30% dengan Shoppe Pay, Promo Goceng dan All You can Eat," sambungnya.

Dahlia Salim, Deputy GM Leasing ASRI mengatakan, melalui acara ini berharap bisa menjadi surga kuliner di Jakarta Barat. Di samping itu, pada acara opening Festival Glodok Pancoran Kamis 25 November, juga dimeriahkan oleh Oriental Choir dari Voice of Indonesia, Lion Dance Kong Ha Hong, Cooking Demo dari Chef Fook Sin (Executive Chef dari Swissotel Jakarta PIK Avenue), dan masih banyak lagi.

Berikut daftar kuliner legendaris yang hadir pada Festival Glodok Pancoran
di Hublife:


1. Rujak Shanghai Encim
2. Bakmi Amoy Gang Gloria
3. Kopi Es Tak Kie
4. Chi Chang Dan Pak Karim
5. Baso Ahou 88
6. Kuotie Shantung Ling
7. Otak-otak Binatu Asli Lookie
8. Laksa Lao Hoe
9. Ketupat Sayur Gloria Ny. Kartika Tjandra
10. Sekba Bektim 999
11. Siomay Lim Pancoran Glodok
12. Es Tebu 'Kang Tebu'
13. Es Potong Sugiarto
14. Sate Padang Petak IX
15. Bubur 'Omaku'
16. Gudeg Yu Dewi Harco Glodok
17. Sate Babi Madu PB
18. Pempek Sriwijaya
19. Nasi Pecel Madiun 'Pawon Mba Uti'
dan masih banyak lagi.
(FIR)