KULINER

Cara Bikin Tumis Daging Empuk dan Tidak Alot

Yatin Suleha
Selasa 08 Juni 2021 / 07:00
Jakarta: Tumis daging adalah salah satu masakan yang banyak digemari. Variasi tumis daging adalah Daging Sapi Lada Hitam, Daging Sapi Saus Teriyaki, Bulgogi, dan sebagainya. 

Karena tumis sapi dimasak dalam waktu yang singkat, biasanya tekstur daging masih keras. Memasak tumis daging memang gampang-gampang susah ya, tapi jangan khawatir deh, Endeus akan memberikan ENDEUSiast beberapa tips berikut ini agar tumis daging empuk dan tidak alot.
 

1. Iris daging tipis-tipis


Salah satu tips sukses membuat tumis daging adalah daging harus diiris secara tipis. Kamu bisa menggunakan daging yang sudah diiris tipis seperti yang dijual di supermarket. Namun kamu juga bisa mengiris daging sendiri.

Agar daging empuk, kamu bisa menggunakan daging bagian has dalam. Trik lain agar daging mudah diiris adalah gunakan daging dalam keadaan setengah beku. 

Daging yang setengah beku biasanya lebih mudah diiris karena teksturnya tidak terlalu kenyal ataupun terlalu keras. Sehingga kamu bisa memotong daging dengan tipis-tipis.
 

2. Jangan mencuci daging


Sebagian besar orang biasanya mencuci daging sebelum dimasak. Meskipun terkesan jorok, namun ternyata mencuci daging membuat daging menjadi lebih amis. 

Bila ada kotoran yang menempel pada daging, kamu bisa mengelapnya dengan tisu dapur. Hindari mencuci daging apalagi ketika daging sudah diiris tipis.


daging
(Kamu bisa menambahkan berbagai sayuran dan paprika agar rasa daging lebih kaya lagi. Foto: Dok. Instagram Suvva Restaurant/@suvvarestaurant)
 

3. Rendam daging dalam bumbu marinasi


Salah satu cara membuat tumis daging menjadi empuk adalah bumbu marinasi. Jangan langsung menumis daging setelah diiris karena akan membuat daging tidak empuk. 

Rendam daging yang sudah diiris dengan bumbu marinasi seperti saus teriyaki, kecap manis, kecap asin, dan sebagainya minimal selama 1 jam. Bila memungkinkan, rendam daging selama semalaman. 

Kamu juga bisa menambahkan maizena atau pati kentang dalam bumbu marinasi agar daging menjadi lebih empuk lagi. Merendam daging dalam bumbu marinasi selama beberapa waktu akan membuat bumbu meresap ke dalam daging. Sehingga tekstur daging menjadi lebih empuk.
 

4. Masak daging sebentar saja


Kunci tekstur daging yang empuk adalah pada pemasakannya. Faktanya semakin lama dimasak, tekstur daging akan semakin keras. 

Kamu bisa memasak daging dengan api besar dalam waktu sebentar saja, sekitar tiga menit. Setelah menumis bawang putih dan bawang merah, masukkan daging dan masak secara cepat. 

Agar daging merata, kamu perlu menumis daging selama proses pemasakan. Kalau kamu ingin memasak tumis daging, jangan tambahkan air karena daging akan mengeluarkan air ketika proses pemasakan.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran sebagai campuran tumis daging seperti brokoli atau jamur. Metode memasak tumis daging yang tepat adalah dimasak dalam api besar dalam waktu yang singkat. Meskipun dimasak dalam waktu singkat, usahakan agar daging tetap matang merata sehingga aman dikonsumsi.




(TIN)