KULINER

Cara Membuat Corn Dog ala Korea yang Antigagal

Yatin Suleha
Kamis 29 April 2021 / 07:00
Jakarta: Corn dog adalah jajanan yang biasa ditemui di pasar tradisional Korea. Sebenarnya jajanan ini mirip dengan hotdog yang berasal dari Amerika Serikat. Keduanya sama-sama terbuat dengan roti dan sosis. 

Bedanya, kalau hotdog berupa roti bun yang dibelah lalu diisi dengan sosis yang dipanggang dan diberi saus seperti mustard dan saus tomat. Sedangkan corn dog adonan rotinya membalut sosis. 

Di dalam adonan roti yang melapisi corn dog juga diberikan jagung yang dihaluskan. Nah, sepanjang tahun lalu hingga saat ini jajan ini masih happening karena 'demam' aneka tontonan drakor.

Nah, Endeus akan memberi tahu ENDEUSiast cara membuat corn dog sendiri di rumah. Dijamin resep ini antigagal deh. Yuk, simak langkah-langkahnya:
 

1. Cara memilih bahan corn dog 


Bahan adonan pencelup corn dog ala antara lain tepung terigu serbaguna, baking powder, garam, jagung yang dihaluskan, susu, dan telur. Kamu juga bisa bisa mengganti jagung yang dihaluskan dengan tepung jagung atau cornmeal yang dijual di pasaran.

Untuk isiannya, kamu bisa menggunakan sosis sapi atau sosis ayam dan bisa ditambahkan keju mozarella di dalamnya. Bahan pelapisnya bisa menggunakan tepung panir kasar supaya renyah, tapi kalau tidak mau terlalu renyah bisa kita menggantinya dengan tepung panir halus. 

Perhatikan juga baking powder yang kita gunakan dalam adonan. Sebaiknya baru buka kemasan baking powder saat baru mau memasukkannya dalam adonan. Baking powder jenis double acting bisa kita gunakan untuk mengembangkan dan menambah kerenyahan corn dog yang kita buat.
 

2. Cara membuat corn dog 


Cara membuat corn dog dimulai dengan membuat bahan pencelupnya. Bahan pencelup ini dibuat dengan cara mencampur bahan kering yaitu tepung terigu, baking powder, gula, dan garam. Setelah itu buat lingkaran di tengahnya dan masukkan susu cair dan telur lalu aduk sampai rata.

Setelah itu, balut sosis dengan adonan pencelup dan balut dengan tepung roti kasar. Kemudian goreng dengan teknik deep fried atau menggunakan minyak goreng yang panas. 

Gunakan api sedang supaya corn dog matang sampai ke dalamnya ya. Setelahnya baru balut dengan gula pasir atau coretan saus sambal dan mayones.


corn dog
(Mana corn dog yang kamu sukai? Yang manis atau yang asin? Foto: Dok. Instagram Hans Kristian/@mrhansxtian)
 

3. Tips praktis saat membuat corn dog 


Membuat corn dog susah-susah gampang, biar antigagal kamu perlu memerhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah dari pembuatan adonannya. Adonan pencelup corn dog ini harus dibuat dengan benar agar adonan mengembang.

- Gunakan baking powder yang masih fresh atau baru dibuka dari kemasannya. Kamu juga bisa menggunakan baking powder double acting dimana dapat bekerja mengembangkan adonan saat dibuat dan juga saat digoreng dalam minyak panas.

- Setelah adonannya jadi, tuang adonan ke dalam gelas tinggi untuk mempermudah mencelup sosis. Supaya sosisnya mudah dibalut, tusuk dulu dengan menggunakan sumpit ya. Selain mudah dibalut, tangan kita juga tidak akan kotor terkena adonan pencelup. 

- Celup sampai semua bagian sosis tercelup menyeluruh baru lapisi dengan tepung roti kasar. Balut sampai merata supaya renyahnya juga merata. Jangan sampai ada bagian yang tidak terlapisi tepung panir kasar, ya.

- Selain dilapisi dengan tepung panir kasar, corn dog bisa dilapisi dengan potongan kentang goreng. Potong kentang goreng siap pakai sebesar 1/2 cm agar mudah membalut corn dog. 

- Menggunakan kentang goreng sebagai pelapis, sebaiknya langsung bekukan di dalam freezer setelah dilapis. Dengan membekukan corn dog, lapisannya bisa lebih menempel dan tidak akan lepas saat digoreng. Selain itu, corn dog yang dibekukan juga bisa lebih renyah dibandingkan yang langsung digoreng. 

- Untuk menggoreng corn dog, gunakan minyak yang banyak agar tak perlu dibolak-balik lagi. Cukup goreng corn dog dengan api panas sedang aja. Kalau apinya terlalu besar bisa-bisa bagian luarnya keburu gosong tapi dalamnya masih mentah. 

Apalagi kalau menggunakan keju meleleh di dalamnya, suhunya harus benar-benar dijaga. Bisa-bisa adonan belum matang, kejunya juga belum meleleh.

- Setelah matang, corn dog bisa diberi taburan berupa gula. Supaya gulanya menempel, tabur saat masih panas. Kalau mau diberi saus juga bisa kok. Tinggal tuangkan saus, mayones, atau bisa ditambah mustard.

- Selain jadi camilan, corn dog juga bisa dijadikan jualan frozen food. Kalau mau membuatnya menjadi camilan frozen food, sebaiknya goreng dulu sampai setengah matang biar pelapisnya tidak copot. Jangan dikemas sampai suhu corn dog masih panas, ya, karena bisa membuatnya cepat basi. 

Sebaiknya dinginkan corn dog sampai suhu ruang baru disimpan dalam wadah tertutup atau divacum hingga tertutup rapat. Setelah itu simpan dalam freezer, bisa awet hingga berbulan-bulan.
 

4. Cara memodifikasi corn dog 


Corn dog ternyata bisa dimodifikasi dengan berbagai macam cara. Misalnya mau membuatnya tampil warna-warni, adonannya bisa kita tambahkan pewarna alami seperti air bayam, air bunga telang atau sari buah bit. 

Isiannya juga bisa kita modifikasi, misalnya dengan menggunakan keju mozzarella saja atau keju mozzarella yang dibalut dengan beef bacon.

Kalau mau melapisnya dengan beef bacon, sebaiknya dibekukan dulu supaya tidak lepas, ya. Jika ingin mengisi corn dog dengan isian manis juga bisa lho. Contoh dengan potongan cokelat masak atau dengan marshmallow. Di luarnya bisa kita celup dengan lelehan cokelat masak atau greentea.

Nah, itulah tips membuat corn dog ala Korea yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dijamin hasilnya akan renyah deh. Selamat mencoba ya!



(TIN)