FITNESS & HEALTH

5 Makanan Ini Bisa Membantu Meredakan Flu

Raka Lestari
Senin 30 November 2020 / 13:00
Jakarta: Memasuki musim hujan, flu menjadi salah satu keluhan yang cukup sering dialami. Untuk mengobatinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan pereda flu yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran.

Akan tetapi, makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu kamu meredakan flu yang dialami. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah bahan-bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengatasi flu:
 

1. Jahe 

Manfaat jahe untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Potong-potong jahe, kemudian masukkan ke dalam air yang mendidih lalu meminumnya bisa membantu meringankan pilek dan sakit tenggorokan. Jahe juga dianggap dapat mengurangi perasaan mual yang biasanya muncul bersamaan dengan influenza.
 

2. Madu 


Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Dengan minum madu bersama dengan air hangat dan lemon, dapat membantu melegakan tenggorokan serta meringankan flu yang kamu alami. Beberapa peneliti juga menemukan bahwa madu merupakan bahan yang efektif untuk meringankan batuk.


flu
(Buat sup hangat dengan bumbu salah satunya bawang putih yang bisa mengurangi tingkat keparahan gejala flu kamu. Foto: Pexels.com)
 

3. Bawang putih 


Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Dengan menambahkan bawang putih ke dalam makanan, kamu dapat mengurangi keparahan gejala flu yang dialami. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi bawang putih juga bisa mencegah kamu dari terkena pilek.
 

4. Vitamin C


Vitamin C memiliki peran yang penting bagi tubuh karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari lemon, jeruk, sayuran berdaun hijau, serta buah dan sayuran lainnya. Menambahkan air lemon pada teh hangat dengan madu, dapat mengurangi dahak ketika kamu sakit.
 

5. Probiotik 


Probiotik adalah bakteri “ramah” yang ditemukan dalam tubuh, beberapa makanan, dan suplemen. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh kamu, dan penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan kamu jatuh sakit karena infeksi saluran pernapasan bagian atas.
(TIN)