FAMILY

Dongeng Digital ABCD Edukasi di Saat Pandemi

Yatin Suleha
Kamis 26 November 2020 / 20:05
Jakarta: Masih ingatkah kamu saat Mama atau Papa menceritakan dongeng Timun Mas sebelum tidur? Hm, imajinasi kita jadi berkelana mengikuti si alur cerita tersebut. Dan juga termasuk cerita-cerita atau dongeng lainnya yang disampaikan pada kita.

Menurut Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis mendongeng dapat menstimulasi motorik, kognitif, sosialisasi, bahasa, dan kesehatan pada si kecil lho.

“Dari segi kognitif, mendongeng dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak, mengasah kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, imajinasi, dan mengembangkan minat baca pada anak,” ujar Ratih.

Dalam menyambut Hari Dongeng Nasional, Danone Indonesia meluncurkan rangkaian dongeng digital edukatif ABCD atau ‘Aku Bintang Cerita Danone’.

Ada lima cerita dongeng yang diberikan, yaitu kesehatan dan nutrisi; “Kenalan dengan Isi Piringku” (edukasi gizi seimbang Isi Piringku); “Cuci Dulu Dong!” (edukasi kebersihan tubuh dan tangan); “Ayo Gerak!” (edukasi pentingnya aktivitas fisik); “Makanan Sehat, Harus Aman!” (edukasi pangan yang aman); dan “Yuk Minum!” (edukasi pentingnya hidrasi sehat). 

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan Danone Indonesia hadir untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat melalui penyediaan produk dan program edukasi nutrisi.

"Melalui Aku Bintang Cerita Danone (ABCD), kami menghadirkan edukasi menyenangkan terkait gizi seimbang, kebersihan tubuh, pentingnya aktivitas fisik, keamanan pangan, hingga hidrasi dalam rangkaian cerita dongeng audiovisual. Bentuk konten yang digemari anak-anak dapat diakses siapapun dan kapanpun melalui YouTube Nutrisi Bangsa,” tulisnya dalam rilis yang diterima Medcom.id/gaya.

Dongeng ABCD diluncurkan bersamaan dengan perhelatan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 yang diselenggarakan Ayo Dongeng Indonesia.

Dalam festival bertema “Dongeng Bahagia di Rumah”, para relawan pendongeng ABCD yang merupakan karyawan internal Danone Indonesia mengedukasi lebih dari 1000 anak melalui dongeng tentang gizi seimbang.



(Isi waktu dengan hal yang bermanfaat seperti memberikan edukasi melalui dongeng. Foto: Istimewa)


Edukasi melalui kegiatan yang menyenangkan seperti dongeng bukan kali pertama bagi Danone Indonesia. Sebelumnya melalui program Bintang Nutricia, sejak tahun 2015 Danone Indonesia rutin bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak di Jakarta, Banda (Maluku), Banda Aceh, dan Lombok.

Ariyo Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia serta Pengarang Cerita Dongeng ABCD menyatakan, “Bagi anak, dongeng adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang dapat mendorong kemampuan mereka berimajinasi dan belajar."

"Selama berkegiatan di rumah, anak pasti juga mengalami rasa bosan dan mencari hiburan di sekitarnya. Dongeng ABCD ini dapat membantu orang tua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif. Sehingga, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan bahagia di rumah,” tambahnya lagi.

Rangkaian dongeng ABCD dibuat khusus untuk dinikmati anak-anak yang duduk di bangku PAUD hingga SD. Visualisasi karakter yang unik serta cerita yang menarik diharapkan dapat membuat anak-anak belajar dengan cara yang tidak memberatkan. 

Selain itu, dongeng yang tersedia di kanal digital ini juga dapat menjadi alternatif bagi orang tua yang sedang mencari konten hiburan yang edukatif bagi anak-anak.

Selain memberikan edukasi melalui dongeng digital kepada anak-anak, ABCD juga diikuti oleh kegiatan sosial yang akan diselenggarakan di bulan Desember 2020.

Bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia, ABCD akan membagikan makanan dan minuman sehat serta memberikan edukasi gizi seimbang kepada sekitar 100 anak-anak PAUD Pemulung di Manggarai, Jakarta Pusat.

“Walaupun penuh tantangan, dengan kegaitan yang membahagiakan berkegiatan di rumah bisa menjadi pengalaman positif bagi anak. Karena dari rumah, kebiasaan baik anak yang akan dibawa hingga dewasa sudah mulai terbentuk. Kami berharap rangkaian dongeng ABCD ini dapat membentuk kebiasaan anak untuk makan dan minum yang sehat serta menjaga kesehatan dirinya,” pungkas Arif.

Cerita dongeng ini dapat diakses orang tua kapanpun dan di manapun melalui YouTube Nutrisi Bangsa. 



(TIN)