INTERIOR

4 Jenis Sayuran Paling Mudah Ditanam di Rumah

Mia Vale
Minggu 19 Juni 2022 / 14:00
Jakarta: Bukan hanya tanaman hias yang dapat ditanam di kebun atau pekarangan rumah, tapi tanaman sayur dan buah juga bisa ditanam. Namun, pastikan memilih tanaman sayur yang cepat tumbuh untuk ditanam di rumah serta mudah perawatannya.

Menanam sayuran bisa dilakukan di tanah ataupun dengan hidroponik. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Namun, perlu diketahui bahwa ada jenis sayuran yang membutuhkan trik khusus. Untuk itu, alangkah baiknya mengetahui sayuran mana yang paling mudah ditanam dari biji. 

Nah, kalau kamu mau mencoba menanam sayuran di pekarangan rumah, berikut beberapa sayuran termudah dan paling umum menurut laman Almanac, yang dapat ditanam di rumah. 
 

1. Selada 


Ini merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang dapat ditanam sepanjang tahun. Namun, dalam cuaca panas, tanaman ini harus dinaungi dan dipanen dalam ukuran yang lebih kecil. Pertumbuhan selada melambat di tempat teduh.

Daun selada dapat dipotong saat tumbuh, dan dapat menikmati beberapa panen dari tanaman yang sama hanya dengan memotong apa yang kamu butuhkan setiap kali. 



(Tanaman mentimun biasanya mencapai usia siap panen ketika 75-85 hari setelah tanam. Pemanenan dilakukan secara bertahap selama 1-1,5 bulan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Mentimun 


Siapkan mentimun terlebih dulu, ubah tanah dengan pupuk tinggi nitrogen dan kalium untuk mendukung hasil tanaman yang besar. Jika memungkinkan, tanam mentimun di bawah sinar matahari di samping pagar.

Pagar akan berfungsi sebagai dukungan untuk memanjat dan bertindak sebagai tempat berlindung. Atau tanam di dekat jagung. Jagung akan menjebak panas yang diinginkan mentimun dan juga berfungsi sebagai penahan angin.
 

3. kale 


Suka atau tidak suka, kangkung yang sangat bergizi sangat kuat dan dapat tumbuh di berbagai suhu. Itu bisa dipanen pada berbagai tahap, dan kuncup serta bunganya juga bisa dimakan! Hal baik lainnya tentang kangkung adalah ia hanya menjadi lebih manis setelah terkena beberapa embun beku. 

Cobalah kale yang dipanggang, digoreng, atau dikukus. Nikmati dalam salad, smoothie, omelet, casserole, atau di mana pun Anda menggunakan kangkung.
 

4. Bayam


Bayam dapat tumbuh subur pada tempat yang teduh dan berada di bawah sinar matahari. Tak hanya itu saja, bahkan bayam bisa ditanam dalam ruangan yang dekat ambang jendela. Apabila anda tanam bayam dalam pot, maka sebaiknya anda menggunakan pot dengan ukuran berkisar 6-8 inci.

(TIN)