INTERIOR

5 Tanaman Pengusir Laba-laba dan Semut, Bye Serangga!

Mia Vale
Senin 09 Mei 2022 / 15:05
Jakarta: Ketika musim semi tiba, semut muncul dari keadaan tidak aktifnya untuk mencari makanan. Sayangnya, ini ditemukan di sebagian besar rumah di Inggris. 

Evie Lane, Ahli Berkebun dari Primrose, mengatakan kepada Fabulous, “Beberapa penolak semut tidak boleh digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan, itulah sebabnya pencegah alami mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika kamu melihat beberapa semut di dalam rumah."

"Banyak yang tidak tahu bahwa tanaman harum dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk mencegah hewan merayap yang menyeramkan juga," ujar Lane. Menurutnya tanaman mint dapat menjadi kunci untuk mencegah invasi dan mereka juga berbau harum. Tempatkan mint di sekitar pintu masuk dan perimeter rumah. Ini akan mencegah semut memasuki hunian. 

Cukup petik beberapa daun mint dan menambahkannya ke botol semprot yang diberi 100 ml air dan biarkan menyerap. Menyemprotkan air yang diresapi mint ini ke sekitar papan pinggir akan menyebabkan semut yang bersembunyi di dinding mundur dengan cepat.

Berikut lima tanaman menurut The Sun yang secara alami menghalangi para semut dan laba-laba.
 

1. Basil


Minyal aromatik dalam kemangi tidak hanya mengusir semut, tapi juga serangga lain seperti laba-laba, lalat, dan nyamuk. Caranya, cukup buat campuran witch hazel dengn air semprotan ke permukaan dan usap. Ramuan ini dapat ditanam di area mana pun di rumah, asalkan mendapat akses ke sinar matahari langsung selama empat hingga lima jam per hari. 


tanaman pengusir serangga
(Selain ampuh usir serangga, bunga lavender dapat tumbuh subur di cuaca yang panas dan cara ini juga dapat membantu menjaga suhu di sekitar tanaman. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Lavender 


Tanaman ungu ini adalah bahan pokok taman luar ruangan, tetapi juga dapat ditanam di dalam ruangan di area yang melihat banyak cahaya. Baunya yang menyenangkan biasanya digunakan sebagai minyak esensial tetapi lavender juga bagus untuk mencegah serangga. 

Ambil potongan dan ikat menjadi satu dan gantung di setiap ruangan di rumah. Tidak hanya akan berbau harum yang indah, teman sekamar serangga kamu juga tidak akan terlihat. 
 

3. Rosemary 


Rosemary beraroma samar untuk hidung manusia tetapi melepaskan bau yang menyengat bagi semut. Rosemary kurang tahan dingin sehingga akan tumbuh subur di pot yang berdiri sendiri di lingkungan yang lebih hangat. 
 

4. Krisan 


Bunga krisan yang mekar cerah mengandung piretrum, sering digunakan dalam penolak serangga alami. Bahan kimia mengusir semut, kutu, kutu, tungau, laba-laba, kecoak bahkan kutu busuk. Krisan tidak hanya menghasilkan obat nyamuk sendiri, tetapi juga akan mencerahkan rumah. 
 

5. Kayu putih 


Aroma kayu putih adalah faktor pendorong yang membuat serangga keluar dari rumah. Tambahkan tangkai kayu putih di sekitar kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Bisa juga mencampurkan beberapa daun dengan witch hazel dan air, lalu menyemprotkan ke area yang bisa didatangi semut.

(TIN)