INTERIOR

4 Tantangan Seseorang dalam Membeli Rumah

A. Firdaus
Jumat 20 Mei 2022 / 19:26
Jakarta: Memiliki rumah baru menjadi dambaan setiap orang. Akan tetapi, kamu pasti kerap dihadapi dengan berbagai pertimbangan, sehingga memiliki rumah hanya sebatas mendambakan, tak benar-benar memiliki.

Head of Agent Account Management Pinhome, Verlita Panca Satria, membeberkan empat tantangan yang menghambat seseorang membeli rumah. Berikut di antaranya:
 

1. Pekerjaan tetap atau pendapatan tetap


Pekerjaan tetap menjadi pertimbangan seseorang berinvestasi rumah. Jika tak tetap, maka tak ada keyakinan baginya untuk membeli rumah.

"Investasi rumah setiap tahun harganya pasti suda 10 persen atau 15 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Di situ, gaji kita berapa naiknya setiap tahun. Jadi harus nabung," kata Panca.
 

2. Lokasi


Lokasi menjadi bagian yang tak boleh dipisahkan jika kamu membeli rumah. Jika lokasinya strategis, maka orang akan menempatkan uang di posisi kedua.

"Saya suka ngobrol dengan para pegiat properti. Properti itu supaya laku tuh gimana, sih? Pasti lokasi. Biasanya kalau lokasinya udah cocok, udah cozy, dekat akses transportasi, harga tuh biasanya jadi nomor dua," terang Panca.
 

3. Gaya hidup


Selanjutnya gaya hidup. Pendapatan banyak difungsikan untuk memenuhi gaya hidup
dibandingkan dengan menabung.
 

4. Mindset


"Kaum milenial sekarang mindset-nya sudah berbeda, apalagi bagi kita yang sudah bekerja. Karena properti dalam satu tahun, kenaikan gaji kita maksimal adalah dua kali,” kata Panca.
(FIR)