INTERIOR

5 Tips Merawat Lantai Kayu

Medcom
Kamis 30 Juni 2022 / 14:34
Jakarta: Dalam sebuah hunian, lantai merupakan salah satu hal penting untuk menambahan keindahan ruangan tersebut. Lantai kayu dapat dijadikan pilihan untuk menambah estetika dan kesan elegan dalam suatu ruangan. 

Sayangnya untuk merawat lantai kayu tidaklah mudah, diperlukan perawatan ekstra seperti menghindari goresan dari hewan peliharaan atau anak-anak yang sering bermain.

Seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, ada beberapa contoh goresan yang kamu temui saat memasang lantai kayu, antara lain:
 

1. Goresan pada permukaan lantai


Untuk memperbaikinya dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti kenari untuk mengisi goresan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa, larutan cuka sari apel, dan minyak zaitun.
 

2. Goresan kecil


Untuk memperbaiki goresan kecil dapat menggunakan spidol atau pensil campuran (la vis krayon) untuk menutupi goresan. Lalu tambahkan, lapisan akhir agar semakin mirip dengan aslinya.
 

3. Goresan dalam


Untuk memperbaiki goresan dalam dapat dilakukan dengan mengisi goresan kayu kamu dengan pengisi kayu, ampelas hingga rata, dan gunakan pena untuk menyesuaikan dengan warna lantai.


(Sebelum memakai lantai kayu atau parquet perhatikan juga lalu-lalang orang. Bila kegiatan tersebut tinggi kurang tepat memakai lantai kayu. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Nah, untuk kamu yang ingin mencegah kerusakan pada lantai kayu ada beberapa tips yang bisa kamu ketahui berikut ini:

1. Hindari menyeret barang di lantai, terutama kursi atau perbotan berat lainnya
2. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk rajin memotong kuku hewan peliharaanmu, agar tidak merusak lantai kayu
3. Tambahkan karpet atau permadani untuk menambahkan unsur estetika
4. Hindari produk-produk pembersih yang abrasif
5. Jangan lupa untuk rajin mengoleskan lapisan kayu, agar tetap terlihat baru

Selain itu, jika kamu juga memiliki lantai kayu baru, simpan merek dan spesifikasinya agar kamu dapat dengan mudah merawat lantai dengan produk serupa untuk bertahun-tahun ke depan.

Jika kamu tidak memiliki pengalaman menggunakan lantai kayu, diskusikan dengan ahli lantai untuk membantu kamu menentukan pilihan terbaik di antara banyak pilihan di pasaran, termasuk poliuretan berbasis minyak, poliuretan berbasis air, pelapis lilin, pernis, noda, dan aluminium oksida lapisan.


Bianca Angelina Gendis
(TIN)