INTERIOR

5 Langkah Membeli Rumah dengan Budget Terbatas

A. Firdaus
Jumat 20 Mei 2022 / 20:10
Jakarta: Membeli rumah bukan membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Jika salah langkah, bisa-bisa menyesal di kemudian hari.

Terlebih kamu punya budget terbatas. Ada banyak faktor yang memengaruhi
keputusan pemilihan rumah. Dan, seringkali calon pembeli properti harus memilih salah satu dan mengorbankan aspek lainnya. Apa saja itu? berikut penjabaran Head of Agent Account Management Pinhome, Verlita Panca Satria:
 

1. Lokasi


Pertama yang dilihat adalah lokasi. Lebih mementingkan kedekatan properti dengan
tempat-tempat yang sering dituju.

"Bukan berarti kita punya budget terbatas, kita mau pergaulan kita juga enggak kecil. Jadi di daerah tersebut ada beberapa meeting point untuk bertemu relasi, kolega dan lain-lain," ujar Panca.
 

2. Luas tanah


Lalu luas tanah atau bangunan. Jika budget terbatas, prioritaskan luas tanah atau
bangunan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar.
 

3. Fasilitas


Kemudian ada fasilitas. Banyak yang menganggap keberadaan dan kelengkapan fasilitas umum yang berada di area properti sangat penting seperti fasilitas yang menunjang kebersihan, keamanan, dan apakah ada fasilitas penunjang untuk anak-anak seperti playground atau play house.
 

4. Aksesibilitas


"Kemudian aksesibilitas. Ini balik lagi, transportasi umumnya menunjang nggak sih dengan jarak tempuh kantor. Tidak masalah dengan lokasi asalkan terdapat akses transportasi umum atau jalan tol menuju area yang sering dikunjungi.
 

5. Lingkungan


Preferensi selanjutnya adalah lingkungan. Faktor ini cukup penting, pilihlah hunian di lingkungan yang baik, tak hanya lingkungan sosial tapi juga ada ruang terbuka hijau, komunitasnya bagus, dan tetangga yang guyub.

Menurut Panca, preferensi-preferensi tersebut bisa didapatkan dalam sebuah hunian
dengan budget terbatas. Dengan catatan diperlukan beberapa pertimbangan dan riset
terhadap hunian yang dipilih atau diinginkan.
(FIR)