INTERIOR

6 Ide Dekorasi Rumah Minimalis

Sandra Odilifia
Kamis 28 Januari 2021 / 08:09
Jakarta: Di rumah minimalis, pencahayaan, ruang, dan objek yang dikurasi dengan cermat memainkan peran penting. Minimalis adalah gaya yang mengharuskan kamu mengurangi semua perabotan di rumah seminimal mungkin, sehingga satu-satunya objek yang tersisa adalah yang paling berdampak.

Ini mungkin terdengar sangat membosankan, namun sebenarnya minimalis jauh dari kata membosankan lho! Minimalis merupakan gaya yang berani, yang jika diterapkan dengan baik, dapat menghasilkan keajaiban. Melansir Be Beautiful, berikut enam ide dekorasi rumah yang bisa kamu gunakan untuk memamerkan selera minimalis kamu:
 

1. Pilih palet warna yang tepat


Warna netral, pastel, dan abu-abu adalah warna yang tepat untuk rumah minimalis. Namun, jika kamu tertarik pada beberapa warna cerah, sebaiknya kamu hanya menggunakan satu atau dua warna saja.

Jika dinding kamu berwarna terang, kamu berkesempatan untuk melengkapi rumah dengan beberapa aksesoris. Tentunya hal ini akan membantumu menghilangkan kebosanan.
 

2. Tekstur, tekstur, tekstur


Rumah minimalis cenderung terlihat membosankan karena skema warna yang lembut. Untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba bermain-main dengan tekstur. Lantai kayu, selimut bulu, selimut berlapis, dan lampu kristal adalah pilihan terbaik jika kamu ingin menonjolkan kesan minimalis.

Selain itu, barang-barang bertekstur seperti karpet bulu dan lantai kayu juga bisa membuat rumah minimalis kamu terkesan lebih bersahabat, tidak gundul, dan dingin!
 

3. Dekorasi aksen


Ada dua aturan sederhana yang harus diikuti saat kamu menata rumah minimalis, yaitu jangan berlebihan dan gunakan aksen. Jika kamu penggemar seni, yang terbaik adalah memilih satu karya yang akan menarik semua perhatian, daripada memasang beberapa yang kecil. Ingat, yang kamu butuhkan adalah dekorasi menjadi titik fokus, bukan gangguan.
 

4. Jadilah terang


Biarkan jendela kamu tanpa hiasan, dan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Tentunya hal ini akan membuat rumah minimalis kamu tampak jauh lebih hangat. Jika kamu merasa tidak nyaman membiarkan jendela terbuka, cobalah gunakan tirai tipis atau kerai dengan warna netral.
 

5. Pola dipersilakan


Jangan sepenuhnya mengabaikan pola karena itu juga bagus untuk rumah minimalis lho! Namun tentunya, penggunaannya pun tak boleh berlebihan ya, alias mereka bagus dalam jumlah sedang.

Ingat, gunakan dengan cara yang sama seperti kamu menggunakan potongan aksen. Pola di rumah minimalis bisa digunakan pada karpet atau sarung bantal, tidak boleh mengganggu dan harus berskala kecil ya!
 

6. Desain ramping adalah cara terbaik!


Furnitur dengan garis-garis bersih dan permukaan datar sangat cocok untuk rumah minimalis. Ucapkan selamat tinggal pada sofa besar kamu dan sambutlah furnitur lain yang berbentuk geometris. Misalnya, meja kopi persegi jauh lebih baik daripada meja bundar.
(FIR)