INTERIOR

6 Tanaman Rumah yang Ramah untuk Kucing dan Anjing

Mia Vale
Rabu 27 Oktober 2021 / 08:00
Jakarta: Untuk membuat hewan peliharaan dan tanaman hias hidup dalam satu harmoni yang indah bisa menjadi tantangan. Alih-alih kita lengah, si kucing atau anjing sedang santai mengigit begonia. 

Untuk menjaga hewan peliharaan tetap aman di rumah yang dipenuhi tanaman, seperti yang diterangkan oleh Real Simple, ada baiknya mengetahui tanaman yang aman (tidak beracun) untuk hewan peliharaan. Berikut tanaman yang bisa kamu tanam:


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Haworthia. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

1. Haworthia 


Bagian dari keluarga sukulen, Haworthia merupakan tanaman kecil yang tumbuh rendah di mana memiliki pita putih bertabur khas pada daunnya. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam cahaya terang dan dalam kondisi lembap dengan banyak drainase tanah. Bentuk dan ukurannya menyerupai lidah buaya namun aman untuk kucing dan anjing. 


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Pakis boston (Nephrolepis exaltata). Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

2. Pakis boston (Nephrolepis exaltata) 


Populer karena daun hijau berendanya, pakis Boston adalah keindahan klasik yang menambah pesona ke ruangan mana pun. Tanaman ini tumbuh paling baik di tempat yang sejuk dengan kelembapan tinggi dan cahaya tidak langsung. 


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Kaktus natal (Schlumbergera bridgesii). Foto: Dok. Plantingman)
 

3. Kaktus natal (Schlumbergera bridgesii) 


Dengan mekar yang berapi-api di tengah musim dingin, kaktus Natal adalah tambahan yang bagus untuk rumah mana pun. Tanaman ini membutuhkan sedikit perawatan, mudah beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah. 


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Pakis staghorn (Platycerium). Foto: Dok. Npark)
 

4. Pakis staghorn (Platycerium) 


Paling baik ketika dipasang di papan dan digantung di dinding untuk memungkinkan pertukaran udara dan kelembapan. Menyerupai tanduk rusa staghorn, mendapatkan popularitas sebagai karya seni yang hidup.


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Parlor palm (Chamaedorea elegans). Foto: Dok. Shopee)
 

5. Parlor palm (Chamaedorea elegans) 


Seperti namanya, palem ruang tamu adalah tanaman hias klasik. Mampu menangani cahaya rendah dan suhu yang lebih rendah, tanaman ini tumbuh berkelompok dengan daun hijau melengkung yang elegan membentuk kanopi berbulu. Tanaman ini pembersih udara yang sangat baik. 


tanaman aman untuk kucing dan anjing
(Kembang sepatu (Hibiscus syriacus). Foto: Dok. Ilustrasi/Pexels.com) 
 

6. Kembang sepatu (Hibiscus syriacus) 


Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya langsung. Meskipun sulit untuk dirawat saat tumbuh di luar daerah beriklim sedang, setelah menguasainya, kamu akan dihadiahi bunga mekar yang luar biasa cemerlang dan ramah hewan peliharaan. 

Dengan demikian, tidak ada lagi kekhawatiran kalau hewan peliharaanmu sedang bermain di sekitar tanaman, bukan? Mereka pun bisa hidup berdampingan layaknya sahabat.
(TIN)