INTERIOR

Lakukan 5 Hal yang Bisa Bikin Kamar Tidur Nyaman

Mia Vale
Senin 17 Januari 2022 / 10:42
Jakarta: Saat kembali ke rumah setelah seharian beraktivitas, pasti ruangan yang langsung kita tuju adalah kamar tidur. Bahkan tak jarang orang yang menjadikan kamar tidur sebagai tempat favorit dalam hunian. Karena itu, penting bagi kita untuk menciptakan kamar tidur yang tenang dan nyaman. 

Sebagaimana yang dilansir dari Mindbodygreen, bila kamu cenderung terbangun dengan hidung tersumbat atau tenggorokan gatal di pagi hari, mungkin sudah saatnya untuk mengganti beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu tidur serta waktu istirahatmu. 

Berikut hal-hal yang harus dilakukan pada kamar tidur agar tidur menjadi berkualitas.
 

Hindari produk perawatan pribadi


Apa pun yang sangat harum, baik itu lilin, produk kecantikan, atau pembersih. Ini bisa memancarkan senyawa organik volatil (VOC) yang berpotensi mengiritasi ke udara. Agar lebih aman, tinggalkan produk beraroma dari kamar tidur atas nama kualitas udara yang lebih baik saat tidur. 
 

Jauhkan barang elektronik


Ada baiknya bila di kamar tidur menjauhkan barang elektronik. Atau kalaupun terdapat barang eletronik, tempatkan setidaknya delapan kaki dari tempat tidur. 

Menjaga ruangan sebebas mungkin juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi godaan untuk bekerja atau menggulir sebelum tidur. 


tips kamar bersih
(Kamar yang bersih menjauhkan sumber-sumber penyakit. Dan hal itu tentu berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih pula, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di rumah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Bersihkan area yang sangat berdebu


Selain tempat-tempat yang terlihat jelas seperti tempat tidur dan lantai, penting untuk sesekali mengelap bagian atas kusen jendela dan alas tiang. 

Keduanya area di mana banyak debu dapat luput dari perhatian. Dan meskipun menyakitkan, penting untuk membersihkan area di bawah tempat tidur secara teratur, karena bisa menjadi yang paling kotor. 
 

Bersihkan humidifier 


Bila menyimpan pelembap udara di kamar, sebagai permulaan, sebaiknya kosongkan dan bersihkan tangki air pelembap udara di antara penggunaan untuk mencegah bakteri dan kemungkinan jamur berbentuk di dalam. 

Rajin membersihkan area di sekitar mesin juga cukup umum untuk menemukan jamur di karpet di bawah pelembap udara, di mana kelembapan cenderung menumpuk. Terakhir, tergantung pada kualitas air keran, tukar air keran di mesin dengan air suling. 
 

Jangan berantakan!


Ada banyak ahli yang mengatakan bahwa kekacauan di kamar tidur dapat mengganggu siklus tidur. Ketika masuk ke kamar tidur dengan melihat tumpukan pakaian kotor dan buku yang belum dibaca, hal ini membuat pikiran lebih sulit untuk bersantai. Jadi, bersihkan serta rapikan ruangan sebelum tidur demi memperoleh tidur yang nyenyak. 

Kamar tidur rata-rata menjadi sangat kotor dengan sangat cepat. Tetapi dengan menjaga hal-hal tertentu dan membawa kebiasaan pembersihan tertentu, dapat mempertahankan tempat perlindungan yang bersih dan cocok untuk istirahat terbaik.
(TIN)