INTERIOR

Ide Membuat Taman Kecil di Belakang Rumah

Yuni Yuli Yanti
Jumat 02 Oktober 2020 / 15:50
Jakarta: Siapa sih yang enggak mau punya taman cantik di belakang rumah. Jika kamu memiliki sisa lahan di bagian belakang rumah, tak ada salahnya dimanfaatkan untuk membuat taman.

Kamu bisa mengisinya dengan berbagai tumbuhan hijau dan bunga, sehingga rumah terlihat lebih cantik dan ramah lingkungan. 

Untuk membangun taman belakang, kamu tidak memerlukan lahan yang luas kok. Sisa lahan sempit pun bisa disulap menjadi taman belakang jika kamu bisa mengaturnya dengan cermat. 

Nah, berikut ide yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat taman di belakang rumah, diantaranya: 

1. Tentukan titik fokus 

Untuk taman minimalis belakang rumah, gaya simetris yang rapi bisa jadi tips yang mudah untuk mencuri perhatian. Selain itu, tambahkan juga satu titik fokal dengan dekorasi yang mencolok dan unik. Seperti air mancur mini, kolam ikan mini, dan lain sebagainya. 

2. Pilih tanaman yang tepat 

Pilihan jenis tanaman sangat penting di taman yang lebih kecil. Gunakan tanaman yang tidak akan memenuhi ruangan, tapi kamu juga perlu memastikan bahwa kamu tidak selalu melihat pagar atau dinding pembatas.

Mulailah mencari dan memilih jenis tanaman hijau yang cocok untuk digunakan di taman minimalis belakang rumah. Misalnya, pohon besar seperti pohon ketapang, atau tanaman rambat. Selain tanaman hijau, kamu juga bisa menghias taman dengan bunga anyelir, mawar, atau bunga sepatu. 


(Gunakan tanaman yang tidak akan memenuhi ruangan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Pot gantung 

Ada banyak cara dalam mendesain taman belakang rumah, meski sederhana namun teta[ terlohat cantik dan rapi. Misalnya, dengan membuat tempat untuk pot gantung. Jenis tanamannya pun dapat disesuaikan yaitu tanaman berukuran kecil dan sedang, sehingga terlihat seimbang dengan ukuran taman. 

4. Pilih furnitur yang nyaman 

Simpel yang penting nyaman. Taman minimalis belakang rumah tidak butuh furnitur yang berat dan ribet. Prioritaskan gaya minimalis modern yang cocok dan nyaman digunakan pada taman minimalis belakang rumah.

Kamu boleh memilih furnitur dengan bahan kayu atau bambu yang lebih tahan terhadap cuaca. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kursi atau ayunan sehingga taman belakang bisa dijadikan tempat berkumpul yang asyik bersama keluarga. 

(yyy)