INTERIOR

Taman di Dalam Ruang yang Populer di Pinterest

Timi Trieska Dara
Kamis 22 Oktober 2020 / 14:56
Jakarta: Tanaman Monstera di ruang kerja, Philodendron di dapur, mungkin Pilea di ruang rias. Menyebarkan tanaman hias kamu sedikit demi sedikit ke seluruh rumah adalah cara alami untuk menyebarkan cinta dengan rimbunnya tanaman cantik dalam rumah.

Ide tentang ruang taman dalam ruangan belum tentu merupakan gagasan baru (para ahli tanaman seperti Justina Blakeney, Summer Rayne Oakes, dan Hilton Carter telah mengisi seluruh rumah mereka dengan ratusan tanaman selama bertahun-tahun). 

Kamu tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan tampilan yang merupakan salah satu dari 10 tren rumah teratas Pinterest untuk tahun 2020 ini.

Jika kamu tidak memiliki kamar tidur tambahan atau ruang berjemur, jangan khawatir, berikut adalah cara mudah untuk mengubah bagian ruangan mana pun menjadi tempat rimbun yang subur.
 

1. Mulailah dengan sukulen


Beberapa orang mungkin terlahir dengan tangan dingin, dan entah bagaimana, tidak sulit untuk menjaga semua tanaman tetap hidup. Sementara, ada orang yang mudah sekali membuat tanaman menjadi layu atau mati. 

Jika kamu takut membunuh tunas, pertimbangkan untuk memulai dengan berbagai sukulen. Tidak hanya mudah dirawat (dan tetap hidup!), tetapi dengan sejumlah besar bentuk, ukuran, dan warna, mereka menambahkan dimensi dan tekstur yang eye catching ke ruang di rumah kamu.
 

2. Tanaman gantung


Jika kamu cukup beruntung memiliki langit-langit yang tinggi, pot gantung dengan batang tanaman yang panjang menjuntai dapat menonjolkan ukuran megah ruang kamu. Selain beberapa tanaman dalam pot dengan berbagai ukuran, pot gantung dengan tanaman merambat dari lantai ke langit-langit memberi seluruh ruangan nuansa tropis yang khas seperti hutan.



(Kamu juga bisa menyulap sudut rumah kamu mirip seperti yang dibuat oleh Elena Morozova. Foto: Dok. Instagram Elena Morozova/@elena_morozv)
 

3. Cocokkan tanaman dengan kondisi tumbuh


Perhatikan baik-baik persyaratan cahaya dari tanaman yang kamu pilih untuk ruang taman dalam ruangan, sehingga kamu dapat memastikan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk berkembang. 

Tempatkan pencinta matahari sedekat mungkin dengan jendela, dan simpan tanaman yang dapat mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah ke dalam sudut yang tidak terlalu terang. 

Begitulah cara Amanda Rae Wright berhasil mengisi ruang lounge dari lantai hingga langit-langit. Dia menggunakan campuran tanaman merambat gantung, kaktus, dan banyak tanaman tropis cantik di tempat yang tepat untuk memanfaatkan semua cahaya yang tersedia.
 

4. Tonjolkan tanaman dengan aksesorinya


Karya seni botani, kain, dan bahan lainnya dapat meningkatkan nuansa taman di ruangan yang dipenuhi tanaman. Misalnya, seorang pencinta tanaman yang memproklamirkan diri, Elena Morozv, menggunakan bantal-bantal yang menampilkan daun-daun rimbun untuk menggemakan dedaunan yang hidup di dalam ruangan. Bahkan lampu tali putih meniru batang tanaman merambat dari pothos di rak.
 

5. Ciptakan dinding hidup dengan rak terbuka


Memang, rak sangat bagus untuk menyimpan buku favorit kamu dan memamerkan pernak-pernik, tetapi rak juga bisa menjadi pondasi dinding hidup sederhana. Kamu dapat mengemasnya ke dalam pot sesukamu, dan pot itu mudah ditukar dengan tanaman baru kapan pun kamu mau. 

Selain membantu kamu mengisi ruangan taman dengan lebih banyak tanaman hijau, rak juga memudahkan kamu untuk mengagumi berbagai bentuk dan ukuran daun setinggi mata memandang. Selamat mencoba ya!
(TIN)