INTERIOR

Cara Memastikan Rumahmu Bebas Kuman

Sandra Odilifia
Kamis 25 Maret 2021 / 06:08
Jakarta: Rumahmu bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman jika kamu tidak melakukan perawatan yang cukup. Apalagi sejak pandemi covid-19 merebak, kamu harus semakin ketat dalam menjaga kebersihan rumah.

Melansir E Times, mulailah dengan memastikan bahwa kamu tidak membiarkan pakaian kotor tergeletak terlalu lama. Pastikan mereka dicuci setiap hari atau setidaknya sekali dalam dua hari. Dan biasakan juga untuk membersihkan mesin cuci.

Cara efektif untuk melakukannya adalah dengan menambahkan segenggam pemutih ke dalamnya dan biarkan selama beberapa menit. Cara ini akan membunuh semua virus dan bakteri yang terkumpul di dalam mesin.

Kemudian, area masalah lainnya adalah handuk kotor. Gantilah handuk setiap beberapa hari dan cuci dengan air hangat beserta disinfektan untuk menghilangkan kuman. Lalu simpan handuk yang berbeda untuk setiap anggota keluarga.

Selanjutnya, sarang kuman yang kerap diabaikan oleh banyak orang adalah seprai. Maka itu, gantilah sepraimu setiap akhir pekan. Dan jangan meletakkan atau makan makanan di atas tempat tidur. Hal ini hanya akan menarik semut dan jamur lho!

Kamu juga harus menggunakan disinfektan untuk membersihkan kaca, permukaan plastik, dan tak lupa untuk membersihkan lemari serta kenop dan gagang pintu.

Gunakan penyedot debu mini untuk membersihkan keyboard komputer. Dengan begitu, kamu akan kagum dengan jumlah kuman yang dapat kamu kumpulkan.

Terakhir, wastafel dapur juga bisa menjadi tempat berkembang biak kuman, dan hal yang sama juga berlaku pada peralatan dapur. Jadi pastikan area tersebut bersih ya, Teman Gaya!
(FIR)