INTERIOR

5 Tips Merawat Tanaman saat Musim Hujan

Sri Yanti Nainggolan
Jumat 01 Oktober 2021 / 07:00
Jakarta: Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk merawat tanaman karena suhu dan kelembapan rendah. Cuaca ini membuat akar bertumbuh lebih cepat. 

Namun, selama musim ini, Anda harus memberikan perhatian ekstra pada tanaman. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan, mulai dari penyiraman hingga pemupukan.

Baca: 3 Kesalahan saat Merawat Tanaman Hias

Berikut adalah beberapa petunjuk yang akan membantu Anda merawat tanaman, seperti dilansir dari DNA India

1. Jangan menyiram tanaman berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan tak baik, hal ini juga berlaku pada tanaman. Penyiraman yang berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan tanah dan usia tanaman tidak bertahan lama.

2. Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik

Setelah disiram, lubang drainase pada pot membiarkan kelebihan air merembes keluar dari pot. Hal ini dapat mencegah air menggenang di dasar pot dan melindungi akar yang sensitif dengan pembusukan, jamur, dan bakteri. 


Pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik. Foto: DNA India

3. Periksa tanaman untuk menghindari infeksi

Ada beberapa pertanda tanaman mengalami infeksi. Seperti pertumbuhan kerdil yang disebabkan oleh kutu putih, bercak pada daun yang disebabkan oleh jamur bintik hitam mawar, dan pembusukan yang disebabkan oleh jamur padi.

4. Pangkas tanaman sebelum musim hujan

Pemangkasan dapat mengurangi kekhawatiran tanaman terkena penyakit, meningkatkan estetika pada tanaman. Cara ini juga dapat meremajakan tanaman dan mencegah serangga merusak tanaman. 


Pangkas tanaman sebelum musim hujan. Foto: DNA India

5. Pastikan sirkulasi udara baik

Sirkulasi yang baik membuat udara lembap dan panas berganti dengan udara kering yang lebih dingin. Hal ini dapat mempertahankan tingkat kelembapan yang ideal. 
(SYN)