INTERIOR

5 Cara Menanam Tanaman di Air dengan Mudah

Kumara Anggita
Selasa 19 Januari 2021 / 22:42
Jakarta: Menanam tanaman di pot berisi tanah sudah biasa. Cobalah mulai menanam di media tanam air dan rasakan kemudahan serta keindahannya! Dikutip dari Better Homes and Gardens, menanam tanaman di air bebas dari tanah dan muda dirawat. 

Kamu hanya perlu mengganti air sesekali (bukan menyiram setiap minggu) dan, dengan menghilangkan tanah tanaman kamu juga jadi cenderung tidak terkena hama atau penyakit. Selain itu, metode menanam tanaman bebas kotoran ini dapat membantu mengurangi alergen di rumah kamu.

Bila kamu tertarik untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut:
 

Langkah 1: Identifikasi tanaman yang dapat tumbuh di air


Kamu bisa mencari tanaman-tanaman apa yang bisa tumbuh di air. Devil's Ivy, fiddle leaf fig, jade plant, rubber plant, aloe vera, spider plant, dan peace lily adalah beberapa jenis tanaman yang bisa kamu coba tanam. 
 

Langkah 2: Ambil potongan dari tanaman yang sudah ada


Ambil potongan berukuran sedang (tapi tidak besar) dengan hanya satu atau dua daun dari tanaman yang ada tepat di bawah satu batang.
 

Langkah 3: Temukan tempat untuk menanam


Vas kaca dengan leher tipis (untuk membantu menahan tanaman agar tetap tegak) atau wadah serupa bisa digunakan.
 

Langkah 4: Temukan lokasi untuk meletakkan tanaman 


Tempat di rumah kamu dengan cahaya tidak langsung yang terang adalah tempat yang sempurna. Usahakan untuk mencari tempat yang sedikit hangat yang suhunya tidak terlalu sering berubah, jadi hindari tempat di sebelah AC atau sesuatu yang memancarkan panas.
 

Langkah 5: Tunggu sampai tumbuh!


Untuk beberapa bulan pertama (atau sampai akar muncul) ganti air setiap minggu. Air dari keran itu bagus karena mengandung oksigen di dalamnya. Setelah akar terbentuk, kamu dapat memindahkan setek ke tanah atau terus menumbuhkannya di air, mengganti air setiap bulannya. Selamat mencoba ya!

(TIN)