INTERIOR

6 Cara Dekorasi Tanaman di Dalam Rumah

Sandra Odilifia
Rabu 20 Januari 2021 / 19:44
Jakarta: Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat merawat tanaman hias di dalam rumah. Tak hanya kesan estetika, tanaman hias juga dapat menampilkan karakter rumah kamu, membuat udara menjadi lebih sehat dan membuat kamu lebih bahagia.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menanam tanaman dan herba bermanfaat yang sangat cocok untuk masakan sehat serta sebagai obat alami.

Nah, jika kamu berencana untuk merawat tanaman hias namun bingung untuk meletakkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menambah inspirasi dekorasi tanaman di dalam rumah kamu:
 

1. Gunakan jendela


Menempatkan tanaman di dekat jendela adalah hal yang mudah. Tentunya hal ini juga menguntungkan karena adanya sinar matahari yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman.

Cobalah buat taman ramuan/bumbu kamu atau gantung rak tanaman di sekitar jendela dapur. Alih-alih menggantung tirai untuk privasi, kamu dapat membuat "rak tanaman" dan mengelompokkan beberapa tanaman menjadi satu atau menggunakan batang penegang besar yang kokoh untuk menggantung tanaman.
 

2. Wire grid


Meriahkan dinding polos dengan kisi kawat dan S-hook untuk memajang tanaman hias. Kamu tidak memerlukan banyak ruang untuk ide ini, dan ini membuatnya mudah untuk menggantung perlengkapan berkebun seperti gunting dan kaleng penyiram. 

Kamu dapat menemukan kisi kawat dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta beberapa diantaranya juga memiliki rak yang dapat dipasang.
 

3. Taman dapur


Jendela dapur adalah tempat yang sangat baik untuk menumbuhkan taman herbal dalam ruangan, namun tidak semua orang bisa mewujudkannya.

Nah bagi kamu yang tidak bisa, kamu dapat menggantinya dengan menggantung tanaman kecil di lemari kamu. Selain itu, jika kamu memiliki rak, kamu dapat membuat taman kecil untuk succulents dengan keranjang buah dua tingkat dan beberapa potongan kain.


 

(Tanaman yang menggantung. Foto: Dok. Instagram Not Another Plant/@notanotherplant)
 

4. Gantungan plafon


Tanaman macrame kembali populer baru-baru ini. Selain menggantungnya di dekat jendela, kamu juga dapat menggantungnya di plafon atau langit-langit kamar mandi dan di atas meja makan.

Jika kamu tinggal di ruangan kecil, gantungan langit-langit adalah pilihan yang bagus. Kamu tidak akan memenuhi rak, lantai, atau ruang dinding. Tanaman macrame juga menambahkan lapisan dekorasi yang indah dan menyenangkan.
 

5. Rak buku dan bingkai gambar


Jika kamu memiliki rak built-in di ruang tamu, kamar tidur atau dapur, jangan biarkan rak tinggi itu terbuang percuma hanya karena tidak terjangkau. Tambahkan beberapa tanaman yang menggantung untuk menambahkan warna hijau ke ruangan kamu. 

Tanaman trailing sangat populer dan perawatannya mudah lho! Tak lupa kamu juga dapat mengombinasikannya dengan beberapa bingkai gambar yang artistik.
 

6. Sudut ruangan


Jika kamu memiliki sudut kosong yang perlu diperhatikan, pertimbangkan untuk mengisinya dengan tanaman dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tempatkan pot yang berbeda di sudut ruangan untuk membuatnya lebih hidup. Kamu juga dapat menggunakan alas tanaman untuk menambah ketinggiannya.
(TIN)