INTERIOR

Kegunaan Lain dari Detergen yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Raka Lestari
Senin 11 Januari 2021 / 08:00
Jakarta: Detergen merupakan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan pakaian. Dan karena mereka dapat membersihkan kotoran, kamu juga bisa menggunakan detergen untuk keperluan lain seperti barang-barang yang ada di rumah.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah kegunaan lain dari detergen yang mungkin belum kamu ketahui:
 

1. Membuka saluran pembuangan 


Saluran pembuangan pada bak cuci piring biasanya sering mampet karena adanya makanan atau kotoran yang masuk ke dalamnya. Sebelum memanggil tukang untuk memperbaiki, kamu bisa menggunakan sabun detergen untuk mengatasinya. 

Tuangkan 1/4 cangkir detergen cair ke wastafel, lalu tuangkan perlahan satu botol air mendidih ke saluran pembuangan. Air panas dan detergen yang licin bekerja sama untuk membersihkan sumbatan keluar.
 

2. Membersihkan kamar mandi 


Detergen juga bisa digunakan untuk membersihkan seluruh bagian dari kamar mandi. Campurkan 1/3 cangkir pemutih, satu botol air, dan satu sendok teh detergen bubuk. Setelah dicampurkan, cairan tersebut bisa langsung digunakan pada dinding, atau berbagai permukaan di kamar mandi, termasuk juga lantai kamar mandi.
 

3. Pembersih noda


Jika kamu memikirkannya, masuk akal bahwa sifat antinoda yang membantu membersihkan pakaian, juga bekerja pada kain pelapis dan karpet. Oleskan detergen bubuk ke noda, lalu gosok perlahan dengan kain lembap untuk membersihkan noda. Tunggu selama lima menit, lalu bersihkan dan ulangi hingga noda hilang.
 

4. Mencuci mobil 


Detergen untuk mencuci pakaian juga bisa digunakan untuk mencuci bagian luar mobil karena mudah membersihkan debu dan kotoran. Tapi pastikan untuk mengencerkannya, cukup satu sendok makan per ember air sudah cukup, dan gunakan detergen ringan. Bahan yang terlalu kuat bisa merusak cat mobil kesayanganmu.
 

5. Pembersih lantai


Enzim pembersih dalam detergen bekerja sangat baik untuk membuang kotoran dari lantai. Isi ember pel dengan air panas, lalu tambahkan satu sendok teh detergen cucian. 

Setelah itu, pastikan untuk memeras air sebanyak mungkin dari kain pel saat kamu sedang membersihkannya. Ini karena jika terlalu basah maka kamu akan meninggalkan goresan pada lantai.
(TIN)