INTERIOR

Tips Pemasangan Jendela agar Sesuai dengan Konsep Rumah Impianmu

Gervin Nathaniel Purba
Jumat 05 Maret 2021 / 10:44
Jakarta: Jendela memiliki peranan penting untuk menyambut sinar matahari masuk dan tempat keluar masuk udara. Selain itu, posisi jendela juga berfungsi untuk menambah estetika konsep rumah.

Dalam menentukan posisi jendela, gaya konsep rumah juga patut dinilai. Sebab adanya jendela akan memberikan jiwa bagi rumah.

Seperti kata Arsitek Jeffrey Dungan, yang dikenal karena membangun rumah di sekitar pemandangan yang menginspirasi, mengatakan jendela adalah mata bagi jiwa sebuah rumah.

Untuk menentukan gaya yang tepat, pertama dan terpenting ialah menguraikan gaya rumah yang umum dan jenis jendela apa yang dinilai cocok dengan gaya tersebut.

 

Tradisional


Untuk tipe rumah yang terinspirasi secara historis, jendela yang cocok adalah jenis klasik, seperti jendela grid (kaca mati), dengan potongan kayu, logam, atau bahan lain yang digunakan untuk membagi panel secara visual.


(Foto: Dok. Housebeautiful.com)

 

Kontemporer


Rumah dengan gaya kontemporer dinilai cocok menggunakan jendela kaca besar dengan sedikit pemisah visual. Hal itu merupakan pendamping alami untuk dekorasi minimalis.

Gaya jendela seperti itu dapat menyajikan pemandangan yang menakjubkan, sehingga menjadi pusat perhatian. 


(Foto: Dok. Housebeautiful.com)

 

Seni dan Kerajinan Organik


Gaya ini penuh dengan kerumitan unik. Di sini, Paul Bertelli dari JLF Architects memasukkan bahan reklamasi ke dalam jendela kaca bertimbal melengkung (bahan pokok Seni dan Kerajinan lainnya).


(Foto: Dok. Housebeautiful.com)

 

Midcentury Modern Wall


Jendela rentang, di atas permukaan mata di sepanjang garis atap memberikan cahaya yang cukup untuk denah lantai terbuka rumah pasca perang dunia II.

Kayu adalah fokus utama pemandangan pada ruangan ini.


(Foto: Dok. Housebeautiful.com)

(yyy)