INTERIOR

Cara Ubah Ruang Kerja Rumah Jadi Kantor Permanen

Raka Lestari
Rabu 15 Desember 2021 / 09:15
Jakarta: Di awal Pandemi Covid 19, banyak karyawan yang bekerja jarak jauh puas dengan tempat kerja sementara, misalnya meja makan, sofa, meja laptop, atau kamar cadangan. Namun, setelah lebih dari 1 tahun, para pekerja mulai kembali ke kantor walaupun tidak setiap hari.

Survei terbaru dari Upwork menyebutkan, 1 dari 4 orang Amerika akan terus bekerja dari jarak jauh tahun ini. Jika kamu memiliki rencana serupa, mungkin sudah waktunya mengatur kembali ruang kerja dari rumah.

Bekerja jarak jauh telah jadi solusi permanen, sehingga kamu membutuhkan ruang kerja permanen. Berikut panduan menyiapkan kantor rumahan yang cantik dan fungsional:

Pilih Ruang Kerja dengan Bijak

Pertama, tentukan di mana ruang kerjamu. Pilih tujuan permanen untuk didedikasikan ke kantor. Bahkan, jika kamu tinggal di apartemen studio kecil, kamu masih bisa bekerja. Pilih kamar cadangan, sudut, atau sepotong dinding kosong, dan atur meja.

Jika sudah punya meja kerja yang dirakit, periksa apakah terlalu dekat jendela, mudah terganggu orang lewat, atau mungkin berada di dekat dapur. Coba siapkan area baru. Pastikan kamu merasa nyaman dan produktif di ruang kerja itu.
 

1. Investasi pada kebutuhan dasar berkualitas tinggi


Bekerja dari sofa awalnya terasa nyaman. Namun, karena terlalu nyaman, banyak kerjaan yang tak terselesaikan.

Siapkan meja dan kursi agar lebih fokus masuk ke mode kerja. Pertimbangkan untuk berinvestasi pada furnitur kantor berkualitas tinggi. Meja yang kokoh dan kursi yang nyaman adalah investasi yang solid untuk fokus dan postur kamu.

a. Set meja yang cocok

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk meja yang tebal, terutama jika bekerja di ruang yang sempit. Pilih yang ramping namun kokoh dalam warna yang sesuai dengan furniturmu.

b. Meja kursi ergonomis

Jika kamu hanya bisa berbelanja secara royal pada satu hal, berinvestasilah di meja kursi yang bagus. Kamu akan duduk di dalamnya selama 8 jam sehari, dan sulit untuk menjadi produktif jika merasa tidak nyaman.
 

2. Pisahkan Ruang Kerja


Selain menemukan tempat yang tepat sebagai tempat kerja permanen, pertimbangkan juga untuk memisahkannya dari ruang tamu. Ada beberapa cara untuk membuatnya terasa seperti area yang benar-benar terpisah. Hal itu memungkinkan kamu lebih produktif di siang hari.

a. Pembagi Ruang Lipat

Jika kamu tidak memiliki ruangan khusus untuk kantor, pembatas ruangan klasik adalah pilihan mudah. Selain berbagai warna, pembatas yang sedikit buram membiarkan cahaya masuk.

b. Karpet Area

Karpet kecil adalah cara mudah lain untuk memisahkan meja kerja dari ruang tamu. Letakkan karpet berukuran 4x6 atau 5x7 dan atur meja, kursi, dan aksesori lainnya di atas karpet untuk membantu Anda memisahkan kantor secara visual.
 

3. Solusi penyimpanan sederhana


Tantangan terbesar bekerja dari rumah adalah sulitnya memisahkan hari kerja dengan waktu senggang. Jika barang-barang kantor tergeletak di malam hari, kamu mungkin tergoda untuk mengambilnya.

Solusi penyimpanan sederhana adalah cara mudah menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Di penghujung hari, geser laptopmu ke dalam laci meja dan simpan semua bahan sehingga kamu tidak tergoda untuk mengeluarkannya kembali sebelum keesokan paginya.
(FIR)