INTERIOR

3 Hal di Kamar yang Bisa Membuatmu Stres

Raka Lestari
Kamis 18 Maret 2021 / 16:58
Jakarta: Kamar tidur bertujuan untuk menjadi tempat istirahat, tetapi ada beberapa hal yang justru bisa membuatmu merasa stres ketika berada di dalam kamar tidur. Hal ini tentunya bisa mengganggu tujuan dari awal, yaitu untuk beristirahat di kamar tidur.

"Karena kamar tidur lebih jarang dikunjungi orang daripada dapur atau ruang tamu, orang sering mengabaikannya. Kamar tidur penting karena kita biasanya menghabiskan waktu yang dikhususkan untuk istirahat atau tidur di sana," ujar terapis Weena Cullins.  

Seorang terapis, yang juga memiliki podcast tentang kesehatan mental bernama 'Get Mental' mengatakan, lingkungan rumah kita terkait dengan kesehatan kita secara keseluruhan, item dan elemen tertentu dapat membuat stres dan menyebabkan tubuh kita tegang dan berkontraksi.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa memicu stres di kamar tidur:
 

1. Tidak memiliki ruangan penyimpanan yang cukup


Cullins mengatakan tidak adanya penyimpanan yang memadai untuk barang-barang pribadi milikmu, seperti perlengkapan mandi dan kebutuhan penting lainnya, dapat menyebabkan ruang yang berantakan. Kekacauan visual bisa membuatmu sulit untuk rileks.

Mark Loewen, seorang terapis dan pendiri LaunchPad Counseling, mengatakan bahwa kekacauan memberi pikiran kita lebih banyak informasi visual untuk diproses. Dengan mengosongkan ruang, kamu juga mengistirahatkan pikiran.
 

2. Tempat tidur yang berantakan


"Tempat tidur yang belum dirapikan adalah contoh lain dari disorganisasi yang dapat membuat kamar tidur terasa lebih membuat stres. Pada saat yang sama, merapikan tempat tidur mungkin membuatmu merasa lebih baik," kata Ahrens.

Merapikan tempat tidur adalah sesuatu yang hanya membutuhkan beberapa menit untuk diselesaikan. Dan itu dapat memberimu rasa kepuausan yang menentukan mood untuk di sisa harimu.
 

3. Pakaian yang berserakan


Cullins mengatakan tumpukan pakaian bisa memicu stres dengan membuat orang merasa sesak. Membiarkan pakaian menumpuk di kursi, bangku, tempat tidur, atau lantai juga dapat mengganggu penglihatan dan menghabiskan real estat berharga di kamar tidur. Namun, menjejalkan segala sesuatu di lemari juga bisa membuat kita stres dengan membanjiri kita dengan pilihan.

"Kita bisa memiliki begitu banyak pakaian yang dijejalkan ke dalam lemari kita, sehingga itu mencegah kita untuk melihat semua pakaian yang kita miliki. Dan itu pada akhirnya mencegah kita memakai banyak barang yang kita sukai," tutup Cullins.
(FIR)