INTERIOR

5 Cara Merawat Monstera

Kumara Anggita
Kamis 20 Mei 2021 / 09:56
Jakarta: Monstera deliciosa adalah salah satu tanaman yang populer digunakan untuk mempercantik ruangan. Tanaman ini mudah dirawat. 

Bila kamu ingin merawat tanaman monstera agar tetap sehat, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Berikut cara merawat monstera agar tidak mati yang dikutip dari Gardenista.
 

Monstera membutuhkan banyak ruang


Letakkan di tempat yang membuat tanaman ini menonjol di ruang tamu, bukan di sudut sempit atau di ambang jendela.
 

Keseimbangan matahari dan bayangan


Jika monstera diberi terlalu banyak sinar matahari, daunnya akan menguning. Jika dibiarkan dalam gelap, tanaman akan menunjukkan sesuatu yang disebut fototropisme negatif, di mana daun baru tumbuh menuju gelap, bukan terang. Pertimbangkan sinar matahari tidak langsung untuk hasil yang terbaik.
 

Siram seminggu sekali


Siram monstera secukupnya dan merata seminggu sekali. Tunggu hingga tanah cukup kering sebelum disiram kembali. Letakkan di lingkungan yang cukup lembap.
 

Pangkas monstera secara teratur


Untuk mengekang pertumbuhan yang berlebihan, hindari penanaman kembali terlalu sering dan pangkas secara teratur dengan memotong pertumbuhan baru.
 

Estetika


Jika kamu tidak dapat berkomitmen untuk menanam seluruh tanaman monstera atau jika tanaman kamu merajalela, potong satu atau dua daun dan tempatkan dalam vas kaca bening. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara merawat monstera agar tidak mati. Selamat mencoba ya!
(TIN)