GAYA OKKY

Tips Berpakaian untuk Pria yang Kurang Tinggi

Raka Lestari
Senin 02 Desember 2019 / 17:41

Jakarta: Bagi pria yang memiliki tinggi badan kurang dari rata-rata, tidak perlu khawatir dalam memilih busana. Dengan melakukan beberapa tips atau trik ini, kamu juga bisa memiliki tampilan yang dapat membuatmu terlihat lebih tinggi.

Okky Asokawati, model ternama di Indonesia memberikan tips dan saran bagi pria yang memiliki tinggi badan kurang namun tetap ingin terlihat tinggi. “Pria yang kurang tinggi atau pendek dapat ‘memanipulasi’ penampilannya. Supaya terlihat lebih jenjang maka yang perlu diperhatikan adalah proporsi, siluet dan juga warna.”

Menurut Okky yang juga pemilik OQ Modeling ini, yang dimaksud proporsi adalah proporsi antara bagian atas dan bagian bawah tubuhnya. “Upayakan bahwa perbandingan antara bagian atas dan bagian bawah tubuh adalah satu banding dua. Maksudnya adalah dari pundak ke pinggang itu sebaiknya lebih pendek dari pinggang ke ujung kaki,” katanya.

Okky menjelaskan bahwa pemilihan busana harus menghasilkan siluet yang memanjang atau merampingkan. “Siluet seperti itu adalah jangan menggunakan kemeja yang terlalu loose. Jangan terlalu sempit tetapi juga jangan terlalu gombrong. Begitu juga dengan celananya, jangan yang baggy atau gombrong atau mempunyai lipatan karena itu akan membuat Anda terlihat lebih pendek.”

(Siluet seperti itu adalah jangan menggunakan kemeja yang terlalu loose. Jangan terlalu sempit tetapi juga jangan terlalu gombrong. Foto: Unsplash.com)

Jangan pakai banyak aksesori

Dan untuk segi warna, Okky menyarankan untuk memilih warna yang monokromatik atau warna yang senada baik untuk atasan ataupun bawahan sehingga terlihat memanjang. Untuk pria yang kurang tinggi, lebih bagus kalau pakai celana panjang itu yang bentuknya pipe atau celana pipa. Hindarilah lipatan di ujung celana karena model celana seperti itu  akan membuat kaki kamu terkesan terpotong.

Selain itu, Okky juga mengatakan untuk memperhatikan motif yang digunakan. “Motif dengan garis yang memanjang akan lebih baik. Dan sebaiknya jarak antar garis tersebut tidak terlalu lebar. Selain garis yang memanjang, pilih motif dengan garis yang samar.”

Kemudian untuk pemilihan aksesori, seperti ikat pinggang juga harus diperhatikan. “Jangan yang terlalu lebar atau yang buckle atau kepalanya itu terlalu fancy. Semakin clean, semakin bersih, tidak banyak aksesori pada busana yang dia kenakan, semakin monokrom warnanya dan tidak gombrong maka yang bersangkutan akan terlihat lebih semampai," saran Okky.


(yyy)