GAYA OKKY

Tips Mengikat Rambut untuk Wanita Berhijab

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 19 Desember 2019 / 15:29

Jakarta: Salah satu cara tepat membuat rambut rapi ketika mengenakan hijab ialah dengan mengikatnya. Namun, teknik mengikat rambut juga perlu diperhatikan agar kesehatan dan kualitas rambut kamu tetap terjaga dengan baik.

"Untuk mengikat rambut yang panjang ketika mengenakan hijab, saran saya jangan menggunakan karet gelang," ujar Okky Asokawati selaku Pendiri sekolah OQ Modeling kepada Gaya.id

Model senior sekaligus Advisor Gaya.id itu menjelaskan, rambut yang diikat dengan karet gelang, dapat merusak rambut. Khususnya, ketika mencabut karet gelang itu dari rambut.

Rambut bisa tercabut karena sifat karet gelang tidak lembut, sangat kasar atau keras. Solusinya, gunakanlah bahan lain atau pengikat rambut khusus yang sudah pasti aman bagi rambut kamu.

"Sekarang sudah ada banyak ikat rambut yang terbuat dari kain atau untelan kepang-kepangan atau jepit. Itu akan lebih bagus untuk rambut," ungkap Okky. 

Kemudian, ketika menggunakan kerudung biasanya rambut akan diikat ke atas dan disisir ke bagian belakang. Menurut Okky, ketika tidak menggunakan kerudung seperti di rumah, sebaiknya kamu buat belahan rambut, mungkin dibelah di tengah atau di samping.

embed

(Rambut bisa tercabut karena sifat karet gelang tidak lembut, sangat kasar atau keras. Foto: Dok. Pixabay.com)

"Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan, dalam arti kata seharian rambut ditarik ke belakang, maka untuk menyeimbangkannya adalah dengan membuat garis rambut bisa di tengah atau samping, supaya akar-akar rambut kita seimbang dan tidak selalu ditarik ke belakang," tutur pemilik dan instruktur di OKKY.WALLA Human Capital Development itu.

Sebab, apabila akar rambut seimbang, kemungkinan besar rambut akan kuat dan tidak mudah rontok. 

Tips lainnya, terkait dengan memperkuat rambut, cucilah rambut dengan shampoo dilanjut dengan conditioner, secara rutin minimal sekali dalam dua hari.

"Niatkanlah cuci rambut, baik rambut sedang berkeringat maupun tidak berkeringat. Penggunaan conditioner yang sangat milky itu bagus karena bisa membuat rambut halus dan mudah disisir," jelasnya.


(yyy)