GAYA OKKY

Ini Lho Hal Penting yang Wajib Dimiliki Seorang Model

Raka Lestari
Rabu 14 Oktober 2020 / 17:09
Jakarta: Menjadi model memang bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan agar bisa menjadi seorang model yang profesional. 

Umumnya yang kita tahu, salah satu kriteria yang dianggap harus dimiliki oleh seorang model adalah tinggi badan yang cukup. Namun, benarkah demikian?

“Model itu kan ada dua ya, yaitu foto model dan model untuk runaway. Kalau untuk foto model, terkait tinggi tubuh memang bukanlah menjadi sesuatu patokan yang ketat,” ujar Okky Asokawati, salah satu model ternama di Indonesia.

Menurutnya, yang saat ini mengelola sekolah model yang bernama Okky Walla Modelling ini untuk foto model tinggi tubuh bukanlah suatu keharusan selama seseorang tersebut fotogenic, menarik, dan hasilnya menarik ketika difoto.

“Public figure, artis, bintang film, pengusaha, mereka bisa saja menjadi foto model karena ketenaran mereka itu. Mereka bisa menjadi foto model yang bagus selama bisa berekspresi dan melakukan pose yang menarik,” kata Okky.


Namun, untuk model runaway menurut Advisor Gaya.id ini memang persyaratan mengenai tinggi tubuh merupakan sesuatu yang ketat.

“Saya amati biasanya desainer meminta model yang tingginya minimal 174 cm. kurang dari itu tidak bisa. Semakin tinggi maka semakin bagus. Dan, yang paling penting adalah berat badannya juga tidak berlebihan,” jelasnya. 

“Badan yang tinggi, dada rata, kurus, itu biasanya kriteria yang dibutuhkan untuk runaway. Juga yang memiliki kemampuan berjalan di catwalk yang bagus sehingga ketika di atas panggung baju yang sedang dipakai bisa terlihat bagus,” tambah Okky.

(Okky bersama dengan anak didiknya di OKKY&WALLA Modelling. Foto: Dok. Instagram/@okky.walla)

Selain kriteria-kriteria tersebut dalam menjadi model yang tidak kalah penting adalah people skill, yaitu bagaimana mereka membawakan dirinya ketika harus berkomunikasi dengan para desainer dan fotografer.

“Ini yang membuat seorang model akan disenangi. Selain itu, juga bagaimana kinerja model dan apakah dia tepat waktu atau tidak, menjaga kebersihan diri, serta bagaimana membawakan diri karena runaway model kan sama semua tingginya, yang akan sering diajak kerjasama tentunya tergantung bagaimana dia membawakan dirinya tersebut,” pungkas pemilik dan instruktur di OKKY.WALLA Human Capital Development. 
(yyy)