GAYA OKKY

Tips dan Trik Mengenakan Pakaian Motif

Raka Lestari
Rabu 11 Desember 2019 / 13:56

Jakarta: Ada banyak orang yang menyukai pakaian bermotif. Beberapa orang menganggap dengan mengenakan pakaian bermotif dapat meningkatkan semangat. Selain itu, pakaian bermotif juga bisa menjadi alternatif dalam berpakaian jika bosan dengan model yang itu-itu saja.

Namun dalam memilih pakain bermotif juga perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat memakainya agar tidak menjadi salah kostum.

“Kalau motifnya garis-garis, harus diperhatikan bahwa semakin lebar jarak dari satu garis ke garis maka derajat formalitas dari busana yang kita kenakan itu akan semakin menurun atau menjadi lebih casual,” uja Okky Asokawati, model senior di Indonesia sekaligus pemilik OQ Modelling School.

Okky juga menambahkan, “Kalau tubuh kita kecil atau mungil, maka hindarilah motif yang terlalu besar-besar. Dan apabila kita bertubuh lebar atau gemuk, tetapi suka memakai baju bermotif maka pilihlah motif baju dengan warna yang gelap atau bisa memilih motif yang ukurannya kecil-kecil.”

Selain motif, penting sekali memerhatikan padanan saat menggunakan baju bermotif. “Terkadang beberapa orang menggabungkan beberapa motif menjadi satu. Atau ada juga yang menggabungkan batik dengan lurik misalnya. Itu bisa-bisa saja asalkan tetap memiliki persamaan,” ujar Okky.

“Misalnya ingin menggabungkan beberapa motif batik, bisa pilih yang warna atau motif batiknya sama. Atau juga warna dasarnya sama,” katanya.

Dan yang perlu diingat, busana bermotif itu cenderung akan diingat oleh orang. Jadi kalau kita menggunakan busana bermotif, terutama jika warna atau design-nya mencolok maka orang akan cepat ingat. Sedangkan perempuan terkadang ingin terlihat memiliki baju yang banyak atau berganti-ganti.

Maka dari itu, Okky menyarankan untuk tidak terlalu banyak memiliki baju yang memiliki motif karena orang lain akan mudah mengingatnya sehingga ketika kita memakai motif tersebut maka orang lain akan mengingat pula kalau kita sudah pernah memakainya.

“Justru yang diperbanyak menurut saya sebaiknya baju-baju berwarna polos. Dan untuk motif bisa dijadikan aksen saja, entah itu untuk scarf, selendang, ataupun syal. Penggunaan busana bermotif juga perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh dan akan dipakai kemana. Untuk acara formal lebih baik menggunakan motif yang lebih kecil,” tutup Advisor Gaya.id.


(yyy)