GADGET TIPS

4 Tips Memilih Jenis TWS yang Pas dengan Telingamu

A. Firdaus
Jumat 27 Mei 2022 / 18:20
Jakarta: Mulai dari virtual meeting, mendengarkan audiobook, bermain game, hingga mendengarkan lagu sambil beraktivitas, TWS menjasi salah satu bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Dalam memilih TWS yang tepat, selain kualitas suara yang jernih, kenyamanan saat pemakaian juga patut untuk diperhatikan.

Tapi tahukah kamu bahwa telinga memiliki bermacam bentuk? Oleh karena itu, penting untuk memilih TWS yang sesuai dengan bentuk telinga demi kenyamanan saat pemakaian dalam waktu yang lama.

Untuk itu yuk cari tahu tips memilih jenis TWS yang pas dengan bentuk telinga dan aktivitasmu sehari-hari:
 

1. Dot - Closed


TWS dengan cangkang bentuk dot dan ear tip yang berbahan silikon ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus pendek dan concha (bagian dalam telinga) yang dalam. Ketika digunakan, silikon ear tip-nya akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Karena tingkat bass dan peredamannya yang kuat, model ini cocok untukmu yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara yang tajam.

Untuk tipe TWS yang pas dengan model dot-closed, kamu bisa memilih TWS seperti JBL Reflect Contour 2. Seri ini dirancang dengan konstruksi aluminium yang tahan keringat dan kait telinga yang mengunci dan siap pakai, menjadikannya pilihan headphone nirkabel untuk berolahraga dengan posisi yang aman. Ada juga produk yang lebih ringkas, seperti JBL Tune 115TWS.

Masa pakai baterai hingga 21 jam (6 jam dari earbud dan 15 jam dengan case pengisi daya), JBL Tune 115TWS dapat digunakan sepanjang hari dan malam dengan mengisi ulang hanya 2 jam saja, jika daya pada earbud habis, dengan pengisian daya cepat selama 15 menit earbud dapat bertahan selama 1 jam. Cocok untuk dibawa saat bepergian atau saat olahraga ringan.

Kamu juga dapat menerima dan mengakhiri panggilan atau berbicara melalui voice command dengan hanya sentuhan jari, menjadikannya pilihan yang pas untuk pemakaian sehari-hari.
 

2. Stick - Closed


Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus bentuk V solid dan concha dangkal. Mirip dengan Dot, model ini juga memiliki ear tip berbahan silikon, namun memiliki cangkang dengan tambahan gagang pendek untuk mencegah TWS mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. Ketika dipakai silikon ear tip akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat.

Untuk tipe yang pas dengan stick-closed, kamu bisa menggunakan JBL Live Pro+ TWS, yang dilengkapi oleh peredam kebisingan adaptif dengan smart ambient yang mampu mengurangi gangguan saat Anda ingin berfokus belajar atau menikmati musik.

Jika kamu ingin mendengar suara di sekitar, Smart Ambient mampu mempertajam suara di sekitarmu tanpa harus melepas headphone. Rangkaian ini cocok untuk aktivitas gaming, mendengarkan audiobook, hingga penggunaan sehari-hari.

Kemudian jika kamu bukan penggemar TWS nirkabel, kamu dapat memilih JBL Reflect Aware, TWS sport yang memiliki lightning connector serta noise cancellation dan adaptive noise control. Dengan varian warna menarik, JBL Reflect Aware tidak membutuhkan baterai, karena menggunakan daya langsung dari perangkat Apple-mu, menjadikan seri ini tepat bagi kamu yang menggunakan perangkat Apple.



 

3. Stick - Open


Model ini sedikit berbeda dari 2 model sebelumnya. Ear tip-nya yang tidak menyegel penuh lubang telinga membuat pemakainya masih dapat mendengar suara sekitar dengan lebih baik.

Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus berbentuk V solid & concha dangkal, cangkangnya memiliki gagang yang pendek untuk mencegah earbuds mudah lepas ketika dipakai beraktivitas.
 
Tipe TWS dengan model stick-open antara lain, JBL Tune 225TWS Ghost Edition. Edisi ini punya masa pakai baterai hingga 25 jam, sehigga kamu dapat mendengarkan musik lebih lama dan lebih nyaman.

Desainnya yang transparan memiliki keunikan tersendiri yang orisinil dan kontemporer. Tersedia dalam warna oranye dan hitam.

Selain itu ada pula JBL Tune 220TWS yang juga dapat menjadi pilihan TWS dengan model stick-open dengan harga yang lebih terjangkau. Earbud ini tahan dipakai hingga 3 jam, ditambah 16 jam lagi jika dihubungkan ke case pengisi dayanya yang pas di saku.

 

4. Headphone On-Ear dan Over-Ear


Selain itu ada juga model headphone On-Ear dan Over-Ear. Jenis desain ini sangat cocok untuk pencinta musik yang suka mendengarkan dalam waktu yang lama tanpa kelelahan.

Headphone model On-Ear dan Over-Ear tidak memerlukan penyesuaian bentuk telinga, sehingga lebih mudah untuk memilih jenis headphone yang nyaman sesuai dengan kebutuhan aktivitasmu. Rentang model On-Ear dan Over-Ear JBL memberikan kinerja dan kenyamanan yang luar biasa, dengan bass yang dalam, mid yang jernih, dan frekuensi tinggi yang diperluas.

Sebagai rekomendasi, dengan tipe ini, maka kamu bisa memilih JBL Quantum 400. Headphone gaming ini memiliki desain headband yang ringan dan bantalan telinga memory-foam yang membuat pengalaman gaming lebih nyaman untuk dipakai lebih lama.
(FIR)