GADGET TIPS

Sambung Silaturahmi dengan 3 Basis Teknologi

Yatin Suleha
Senin 10 Mei 2021 / 15:25
Jakarta: Meski tak bisa pulang kampung namun jangan bersusah hati, karena teknologi dapat menjadi jawaban kamu untuk bersambung silaturahmi saat Lebaran.

Manfaat silaturahmi sendiri dalam Islam adalah untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Malah dalam HR. Bukhari – Muslim disebutkan bahwa, "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi." Jadi, silaturahmi sangat baik ya, apalagi di momen Hari Raya Idulfitri ini.

Nah, kami pilihkan tiga teknologi yang cukup umum untuk bisa bersilaturahmi bersama keluarga seperti dilansir dari medcom.id:
 

1. Video call 8 orang dengan Whatsapp


Pastinya kamu sudah menggunakan Whatsapp. Jika belum, mudah saja, masuk ke Play Store lalu cari Whatsapp kemudian ikuti langkahnya sampai selesai.

Untuk bisa melakukan panggilan pada delapan orang dalam Whatsapp kamu perlu mengupdate WhatsApp ke versi terbaru. 

Pengguna iPhone atau perangkat iOS harus melakukan pembaruan ke versi 2.20.50 lewat Apple App Store. Sementara, pengguna Android harus mengunduh WhatsApp versi 2.20.141 di laman resmi WhatsApp melalui halaman ini.

Tapi, harus diperhatikan ya semua peserta harus sudah menginstal WhatsApp versi terbaru. Jika tidak, panggilan video delapan orang tidak bisa dilakukan.

Nah, setelah itu tekan ikon video call yang ada di bagian atas grup. Kemudian, pilih siapa saja orang yang diajak berpartisipasi. 

Setelah panggilan dijawab, tekan tanda "+" untuk menambah peserta video call. Dan panggilan video delapan orang di WhatsApp bisa dilakukan deh.


silaturahmi
(Silaturahmi enggak ribet lagi, karena ada teknologi. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Silaturahmi dengan Line


Sejak 23 Juni 2011 lalu pertama kali diluncurkan, Line sudah memiliki lebih dari 186 juta penggunanya hingga sekarang. 

Dan banyak smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Line sejak pertama kali membelinya. Nah, kalau kamu lebih suka dengan Line, silaturahmi juga tetap bisa dilakukan dengan video call Line. 

Caranya mudah kok, pertama buka aplikasi Line pada hp kamu dan pilih ikon kameran dengan simbol tanda tambah (+) di pojok kanan atas.

Setelah dipilih kamu akan dihadapkan pada halaman untuk membuat rapat virtual, dan jika sudah selesai bisa tekan tombol "simpan" untuk nantinya bisa diberikan pada pengguna Line lainnya.

Tapi perlu diingat ya, walau Line Meeting dapat digunakan baik smartphone maupun PC syaratnya, pengguna wajib memperbarui aplikasi Line di smartphone minimal ke versi 10.13.0. Sementara untuk Line desktop versi 6.2.0 ke atas.
 

3. Silaturahmi dengan Zoom 


Aplikasi yang lainnya juga sedang trending yaitu Zoom. Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. 

Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Nah, cara bersilaturahmi dengan Zoom yaitu:

- Unduh aplikasi Zoom Meeting yang ada di Play Store maupun Apps Store pada iOS.

- Lakukan pendaftaran akun. Pendaftaran akun wajib dilakukan ya. Dan kamu sudah bisa mengundang teman untuk melakukan pertemuan via daring sambil bersilaturahmi deh. Mudah kan? Jadi, enggak ada alasan untuk tidak bersilaturahmi ya. Selamat mencoba!
(TIN)