GADGET TALK

Mengetahui Cara Kerja Truecaller, Aplikasi Pelacak Nomor Spam

Sandra Odilifia
Kamis 21 Januari 2021 / 15:37
Jakarta: Baru-baru ini dunia maya dihebohkan oleh sosok yang diduga sebagai predator seks. Berparas 'lumayan', oknum ini biasanya melancarkan aksinya dalam berbagai aplikasi online dan kemudian berlanjut ke aplikasi chatting ataupun messenger.

Nah, jika kamu penasaran gebetan online kamu adalah orang yang sama atau bukan, kamu bisa lakukan pengecekan menggunakan aplikasi yang disebut Truecaller.

Melansir Curiousport, Truecaller berfungsi seperti buku telepon tanpa batas, yang berarti kamu dapat mencari informasi kontak berdasarkan nama atau nomor, bahkan meski nomor tersebut belum kamu simpan. Atau bisa dikatakan, Truecaller adalah aplikasi seluler, yang dapat digunakan untuk menemukan detail pemilik nomor ponsel tertentu.

Melalui aplikasi ini kamu juga dapat mengidentifikasi panggilan masuk dan memblokir panggilan yang tidak ingin kamu terima. Jadi, kamu tidak perlu mengganti nomor hanya untuk menghindari si 'pengganggu'.

Saat ini, sudah banyak pengguna smartphone yang memakai Truecaller untuk melacak panggilan spam. Meski demikian, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana sebenarnya Truecaller bekerja? Apakah aman? Dan bagaimana cara mengetahui semua nomor telepon serta id pemanggil?

Sebenarnya cara kerja Truecaller sangat sederhana. Mereka menggunakan daftar kontak atau mengambil informasi kontak dari seluruh pengguna yang mengunduhnya.

Datanya bersumber dari banyak orang (jutaan pengguna) yang telah mengunduh aplikasi Truecaller di ponsel pintar mereka. Sebagai bagian dari perjanjian pengguna akhir, aplikasi ini meminta pengguna untuk mengizinkan akses ke buku alamat atau kontak pengguna di ponsel.

Data tersebut kemudian diunggah oleh aplikasi ke server perusahaan. Setelah melalui beberapa algoritma pencocokan atau pemurnian data, data ini tersedia untuk semua pengguna yang benar-benar menelepon.

Saat memulai login, kamu akan melihat bahwa Truecaller hanya mengizinkan Facebook, Yahoo! atau Gmail untuk mengakses aplikasi tersebut. Jika kamu tidak memilikinya, kamu tidak dapat terhubung ke database Truecaller.

Hal itu karena, Facebook, Gmail dan Yahoo! adalah situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan yang berisi banyak nomor telepon dan detail kontak lainnya. Ini menyiratkan bahwa ketika kamu menggunakan salah satu situs sosial, seluruh kontak kamu termasuk nomor telepon, nama kontak, id email akan diunggah ke server Truecaller yang aman.

Jika kamu masuk ke aplikasi menggunakan ponsel, maka seluruh buku alamat kamu akan dikirim ke server Truecaller. Ini diatur ke dalam catatan dan setiap nomor akan diberi id Truecaller. Ketika seseorang mencari nomor menggunakan pencarian nomor truecaller, id pemanggil yang terkait dengan nomor itu akan ditampilkan.

Jadi, dari semua orang yang mengenal dan menyimpan nomor kontakmu, dengan nama kamu di ponsel mereka, akan berakhir di database Truecaller juga. Bahkan jika satu orang menggunakan aplikasi yang sebenarnya, yang menyimpan nomor dan nama kontakmu.
 

Kelebihan menggunakan Truecaller


1. Memungkinkanmu menemukan lokasi ponsel dari nomor tersebut dalam pencarian nomor telepon.

2. Fungsi 'Siapa yang melihat profil saya' juga disediakan oleh aplikasi Truecaller, sehingga kamu dapat melacak siapa saja yang melihat nomor kamu.

3. Kamu dapat menemukan informasi penelepon hanya dari nomor telepon. Ini memungkinkan kamu untuk memblokir nomor spam tersebut dan melaporkannya ke database Truecaller untuk menandainya sebagai spam, sehingga orang lain juga tidak menderita dari nomor tersebut.
 

Kekurangan menggunakan Truecaller


1. ID Penelepon tidak berfungsi di semua area.
2. Truecaller membutuhkan koneksi Internet agar dapat berfungsi.
3. Tidak ada jaminan keamanan informasi.
4. Itu melanggar masalah privasi.
 

Cara membatalkan daftar nomor dari truecaller


Truecaller juga memiliki fitur penting yang memungkinkan kamu untuk menghapus nomor pribadi kamu dari database lho! Caranya masuk ke dalam unlisting Truecaller, kemudian pilih alasan dan isi captcha lalu pilih batalkan daftar. Selesai!

Maka nomor kamu tidak akan pernah lagi diunggah ke server dan catatan sebelumnya yang terkait dengan nomor kamu akan dihapus. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan buku telepon tanpa batas ini?
(FIR)