GADGET TALK

Google Maps Luncurkan Fitur Bersepeda Terbaru

Sandra Odilifia
Rabu 04 November 2020 / 14:05
Jakarta: Google telah mengembangkan sistem navigasi untuk pengguna sepeda di sejumlah kota besar di dunia. Fitur terbaru ini akan membantu pesepeda dalam mengakses opsi petunjuk arah di Google Maps.

Ini merupakan respons positif dari Google setelah permintaan petunjuk arah bersepeda meningkat hampir 69 persen, mencapai level tertinggi sepanjang masa sejak awal proses pandemi.

Pengguna dari berbagai penjuru dunia sebagian besar telah meminta Google agar memiliki sistem petunjuk arah untuk bersepeda melalui Google Maps.

Tentunya, ini menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia tertarik untuk menggunakan opsi transportasi alternatif yang nyaman dan bebas repot. Alternatif ini juga memberikan bantuan aplikasi penyewaan sepeda dan berbagai program lainnya.

"Karena semakin banyak orang memilih untuk bersepeda, mereka membeli sepeda baru, memperbaiki yang lama, dan beralih ke opsi penyewaan sepeda. Faktanya, minat penelusuran di seluruh dunia untuk 'bengkel sepeda terdekat' mencapai titik tertinggi sepanjang masa bulan ini, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu," kata Vishal Dutta, manajer produk Google Maps, yang dikutip dari Indiatvnews.

Memang Google telah memperkenalkan petunjuk arah bersepeda di Google Maps sejak 10 tahun lalu. Namun sekarang, ini baru tersedia di hampir 30 negara di seluruh dunia dan jutaan orang menggunakannya setiap hari.


sepeda
(Fitur khusus pesepeda dari Google Maps akan membantu kamu menemukan petunjuk jalan pintas yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, menampilkan navigasi langkah per langkah, sampai lokasi penyewaan sepeda terdekat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


"Seiring dengan perubahan kebiasaan bersepeda, terutama seiring berkembangnya covid-19, kami terus memperbarui informasi ini untuk membantu kamu menemukan rute sepeda yang paling dapat diandalkan," kata Dutta.

Fitur terbaru Google Maps akan membantu kamu dengan petunjuk jalan pintas yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Selain itu, Google Maps juga menampilkan navigasi langkah per langkah dan lokasi penyewaan sepeda terdekat.

Tampaknya ini cukup menarik dan sangat efektif, mengingat banyak kota yang mempromosikan bersepeda sebagai alternatif transportasi yang bagus di tengah pandemi virus korona yang sedang berlangsung.

Ini lebih ramah lingkungan, dan pastinya lebih baik daripada berkumpul di dalam transportasi umum seperti bus, dan lainnya, yang dapat meningkatkan kemungkinan tertular covid-19.

Bersepeda juga menjadi sarana yang bagus untuk berolahraga dan dianggap bagus untuk kesehatan paru-paru, yang menjadi target utama dari novel coronavirus.

Google Maps menggunakan kombinasi pembelajaran mesin, algoritme kompleks, dan pemahaman tentang kondisi dunia nyata berdasarkan citra dan data dari otoritas pemerintah dan kontribusi komunitas.

"Kami sedang berupaya untuk mengintegrasikan ratusan ribu jalur sepeda baru dalam beberapa bulan mendatang. Lembaga pemerintah daerah dapat memberikan data ini melalui alat Unggah Data Geo kami agar informasi jalur sepeda terbaru mereka tercermin di Google Maps," kata Dutta.



(TIN)