GADGET TALK

Robot Pengantar Air Zamzam Hadir di Masjidil Haram

A. Firdaus
Sabtu 19 Juni 2021 / 17:45
Makkah: Arab Saudi resmi mengoperasikan robot pintar beberapa waktu lalu. Robot ini bakal bertugas mendistribusikan air zamzam ke para jemaah yang hadir, baik di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Dilansir Press Agency, Robot tersebut memiliki 3 etalase yang berisikan botol-botol air zamzam. Nantinya, mereka akan berkeliling ke area masjid untuk mendistribusikan air zamzma ke jemaah.

Sheikh Dr. Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, selaku Presiden Jenderal Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan, robot ini hadir untuk menekan penyebaran covid-19, sekaligus mengoptimalkan teknologi modern untuk melayani manusia.

Robot ini mendistribusikan air zam-zam tanpa campur tangan manusia dan tanpa mengganggu jamaah di dalam dua Masjid Suci tersebut.

"Teknologi modern semakin dimanfaatkan untuk melayani umat manusia, terutama di tengah pandemi virus corona, yang Insya Allah membantu melindungi jamaah," kata Sudais.




Kehadiran robot pengantar air zamzam ini menyusul beberapa teknologi yang dikeluarkan pihak masjid. Sebelumnya, ada 10 robot pintar yang diperkenalkan mendukung upaya sterilisasi di Masjidil Haram.

Robot-robot tersebut beroperasi sesuai dengan sistem kontrol otomatis, untuk memastikan lingkungan yang sehat dan aman serta analisis persyaratan strelisasi yang cerdas.

Robort sudah bersertifikat internasional dan bagian dari sistem sterilisasi otomatis yang berlaku di Masjidil Haram, demi melindungi jemaah umrah dan jemaah haji dari virus corona baru.

Arab Saudi juga telah membatasi haji tahunan untuk warga dan penduduk mereka sendiri. Hal ini dilakukan kedua kalinya secara beruntun sebagai mencegah penyebaran covid-19.

Pada Oktober mendatang, Arab Saudi memulai rencana untuk memulai kembali mengadakan umrah secara bertahap, setelah sempat ditutup selama tujuh bulan di tengah tindakan pencegahan ketat terhadap covid-19.
(FIR)