GADGET TALK

Menelaah Keampuhan Teknologi Nanoe X Menangkal Virus Korona

A. Firdaus
Sabtu 16 Januari 2021 / 13:16
Jakarta: Serangkaian pengujian teknologi nanoe X baru-baru ini dilakukan Panasonic Corporation di Institut Riset Texcell, Prancis. Hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa nanoe X dapat menangkal 99.99% virus korona baru (SARS-CoV-2) dalam kurun waktu 2 jam.

Nanoe X merupakan partikel air berukuran nano. Teknologi ini biasanya digunakan dalam bentuk residential air conditioner, commercial air conditioner, dan air purifier. Nah, terkini Panasonic telah memasang 5.500 generator berteknologi nanoe X pada kendaraan GrabCar Premium di beberapa kota di Asia Tenggara, termasuk di Jakarta pada pertengahan Januari ini.

Virus korona sangat menular dan dapat ditularkan melalui kontak dengan virus yang menempel di permukaan (residual viral), yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi (contact infection).

Selain batuk dan bersin, risiko penularan juga bisa terjadi hanya dengan dalam jarak dekat. Kita ditugaskan pemerintah untuk bisa mencegahnya dengan menerapkan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak).

Kendati demikian, ketiga cara itu belum sempurna kalau kita tidak waspada dengan sesuatu yang ada di sekitar kita, seperti permukaan benda mati. Salah satu caranya melakukan disinfektan. Namun, ada cara terbaru, yaitu teknologi nanoe X yang terdapat di dalam kandungan AC dan air purifier.
 

Mekanisme pencegahan virus dari nanoe X


Virus yang ada di udara (aerosol) dapat dicegah melalui penggunaan masker ataupun juga melalui sirkulasi udara. Untuk virus yang menempel di benda ataupun juga badan, dapat dicegah penularannya melalui cuci tangan dan juga dengan menggunakan hand sanitizer.

Teknologi nanoe X dapat digunakan untuk kedua jenis penularan ini. Di tempat yang keadaan sirkulasi udaranya sulit ataupun juga untuk benda-benda yang tidak bisa dibersihkan menggunakan alkohol (karpet, perabotan rumah tangga, produk-produk yang terbuat dari kulit dan lainnya), nanoe X dapat memberikan solusi menyeluruh.

Secara umum salah satu cara untuk menekan virus adalah dengan memanfaatkan radikal hidroksil. Namun, radikal hidroksil sendiri mudah bereaksi dengan zat di udara, dan masa hidupnya dikatakan kurang dari 1 detik.

Selain itu, nanoe X dapat menghasilkan sekitar 4,8 triliun radikal hidroksil per detik yang dapat meningkatkan konsentrasi radikal hidroksil di dalam ruangan. Hal ini efektif tidak hanya untuk virus di udara, tetapi juga untuk virus yang melekat pada permukaan benda.



Radikal hidroksil yang terkandung dalam nanoe X menghambat aktivitas virus, dengan cara mendenaturasi protein yang terkandung dalam virus tersebut. Virus secara struktural memiliki cangkang protein yang memiliki atau tidak memiliki membran yang terdiri dari lipid dan protein di bagian luarnya.

Nanoe X dapat mendenaturasi sifat protein dan efektif melawan kedua jenis virus yang memiliki membran dan yang tidak memiliki membran. Dikarenakan virus korona baru masuk ke dalam jenis virus yang memiliki membran, mekanisme penekanan virus dari teknologi nanoe X bisa dikatakan efektif untuk melawan virus korona baru tersebut.

Perlu diketahui, nanoe X menangkal dan menekan aktitvias dan juga pertumbuhan virus, tetapi tidak mencegah penularan. Hasil individu berbeda-beda, berdasarkan penggunaan dan juga berdasarkan variabel musiman dan lingkungan baik itu temperatur ataupun kelembapan.
(FIR)