GADGET TALK

Waspada! Foto-foto Ini Gak Boleh Kamu Unggah ke Media Sosial

Kumara Anggita
Selasa 01 Desember 2020 / 07:00
Jakarta: Dengan adanya media sosial, kita jadi suka membagikan foto ke teman-teman, mulai dari foto selfie sampai foto tumbuhan. Tapi perlu kamu ketahui, tak semua foto bisa di-upload karena bisa menimbulkan masalah.

Dilansir dari Bussines Insider, berikut foto-foto yang tidak boleh kamu upload di media sosial:
 

1. Boarding pass


Membagikan perjalanan kamu secara online mungkin terlihat tidak berbahaya, namun membagikan boarding pass jelas bahaya. Ini karena pengikut kamu jadi tahu nama kamu dan tahu tujuan kamu.

Menurut Brian Krebs, penulis, dan pendiri Krebsonsecurity.com, yang berspesialisasi dalam cerita investigasi tentang kejahatan dunia maya dan keamanan komputer, data pribadi seperti boarding pass itu berisiko.

Peretas dapat mengakses seberapa jauh perjalananmu, nomor telepon, tanggal lahir, dan bahkan data paspor. Berdasarkan nomor pemesanan, penjahat juga dapat mengetahui kapan kamu pergi dan kembali.
 

2. Email rahasia kantor


Email rahasia kantor juga tak boleh kamu bagikan seenaknya. Jika perusahaanmu mengirim email menarik tentang perkembangan baru atau ide branding jagalah.

Tentunya kamu tak ingin memberi tahu pesaing bisnis. Selain itu, membagikan keluhan atau memposting foto percakapan pelampiasan antara kamu dan rekan kerja juga tidak cerdas. Faktanya, itu cara yang pasti untuk dipecat.
 

3. Anak-anak (yang bukan anakmu)


Mengunggah foto wajah tersenyum anak-anak mungkin tampak sebagai tindakan yang menggemaskan, tetapi sebaiknya berpikir dua kali sebelum melakukannya.

Menurut Lawyers.com, undang-undang fotografi dan perekaman video anak sedang berubah. Membagikan foto anak orang lain bisa membawa kamu pada masalah.
(FIR)