GADGET TALK

5 Aplikasi Kesehatan Terbaik untukmu

A. Firdaus
Selasa 10 November 2020 / 14:45
Jakarta: Mempertahankan gaya hidup seimbang di tengah pandemi covid-19 seperti berolahraga, memakan sayuran dan buah, hingga mencari waktu bermeditasi, ternyata lebih sulit dari yang terlihat.

Itulah mengapa ada ratusan aplikasi yang mengklaim bisa membuat semua itu mudah, dan memilah-milah agar tujuanmu bisa tercapai.

Untuk membuatnya lebih mudah, pertama-tama kamu harus tentukan tujuan pribadimu. Misalnya, apakah kamu mencari aplikasi untuk mendukung kebugaran, kesehatan mental, atau sekadar mengatur pola makanmu.

Berikut ini lima aplikasi kesehatan terbaik seperti dilansir dari Men's Health:
 

1. MyFitnessPal


MyFitnessPal merupakan salah satu aplikasi pencarian makanan terbaik yang tersedia. Tersedia catatan harian seperti database yang mudah digunakan. Pada aplikasi ini juga menawarkan informasi nutrisi untuk jutaan makanan berbeda, termasuk menu restoran.

Di MyFitnesPal ini, kamu bisa menetapkan tujuan pribadimu, dan aplikasi ini akan menyarankan beberapa kalori yang harus kamu konsumsi setiap hari, serta berapa banyak air yang kamu minum.

Kamu bisa memilih tujuanmu, entah itu untuk menurunkan berat badan atau menambah otot. Bahkan MyFitnessPal menawarkan gambaran rinci tentang apa yang telah kamu makan.

Aktifkan pengaturan pengingat untuk mendapatkan pemberitahuan sepanjang hari. Kamu juga dapat membaca forum komunitas untuk mendapatkan dorongan lebih.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android
 

2. Headspace


Kesehatan lebih dari sekadar apa yang kamu makan, atau seberapa sering kamu pergi ke gym. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan, dan Headspace memberimu cara sederhana dan menyenangkan untuk melakukan hal itu.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memilih sesi meditasi untuk suasana hati dan gaya hidupmu. Ada juga perpustakaan dengan berbagai macam program yang betujuan untuk membantumu tidur, menghilangkan kecemasan, dan mengelola stres.

Durasi sesi bervariasi, tetapi kamu dapat menghilangkan stres. Bahkan hanya untuk beberapa menit dalam satu waktu.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android
 

3. Fitplan


Apakah kamu tertarik untuk berolahraga dengan personal trainer (PT) atau pelatih pribadi, namun enggak mau bayar. Di Fitplan kamu akan memiliki PT sendiri dengan biaya yang lebih murah.

Aplikasi ini menawarkan sesi pelatihan video secara detail, mulai dari 20 hingga 90 menit dari pelatih dan atlet profesional. Kamu juga dapat memilih lusinan program yang dirancang oleh beberapa pelatih favorit, seperti A-Rod, Ryan Lochte, dan Rob Gronkowski dan pilih programmu berdasarkan tujuan, seperti penurunan berat badan.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android
 

4. Sleep Cycle


Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan yang baik sepanjang hidup. Jika kamu tidak mendapatkan cukup tidur setiap malam, tubuhmu bakal kesulitan menyembuhkan jantung dan pembuluh darah, menyeimbangkan hormon, atau menjaga kadar gula darah.

Cara terbaik untuk mendapatkan istirahat malam yang cukup dan nyenyak adalah dengan memahami alasanmu untuk tidak mendapatkannya. Sleep Cycle bisa melacak kualitas tidurmu, serta detak jantung tidurmu,

Sepanjang malam, aplikasi ini bakal memonitor pola tidurmu, mencatat gangguan apa pun seperti mendengkur atau berbicara saat tidur. Namun fitur yang paling menarik adalah, aplikasi ini bisa membangunkanmu selama fase tidur paling ringan di pagi hari, sehingga membuatmu merasa cukup istirahat dan siap menjalani hari.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android
 

5. Aaptiv


Aaptiv menawarkan 30 kelas baru setiap minggu, dan lebih dari 2.500 kelas secara keseluruhan. Aplikasi ini bertujuan untuk memberimu pengalaman kelas kebugaran yang sama, baik dari kenyamanan rumahmu, di luar ruangan, atau di gym.

Aplikasi ini membuat program latihamnu berdasarkan tingkat kebugaranmu, preferensi latihan, dan peralatan yang dapat kamu gunakan. Kamu juga bisa mengetahui kemajuan programmu dengan menyimpan catatan tren terkait latihanmu.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android
(FIR)