GADGET TALK

Waspada Limbah Elektronik! Yuk 'Daur Ulang' Smartphone Lamamu

A. Firdaus
Selasa 14 September 2021 / 16:54
Jakarta: Sempat terpikirkan rencana untuk membuang smartphone lamamu yang telah usang? Lebih baik rencana itu diurungkan.

Smartphone lama mungkin kuno buatmu, tetapi orang lain masih bisa menggunakannya. Jika rusak, kamu tetap enggak boleh membuangnya, karena itu bisa berdampak buruk buat lingkungan.

Melansir Pocket Link, beberapa negara telah bahkan mulai mengeluarkan peraturan untuk mencoba mengekang apa yang dikenal sampah elektronik. Tetapi enggak berjalan mudah untuk mengetahui bagaimana dan di mana membuang gawaimu yang usang. Jangan sampai malah menambah beban sampah ke planet ini.

Untungnya beberapa layanan online dapat membantumu cara membuang ponsel dengan bijak.
 

Mengapa harus mendaur ulang ponselmu?


Meningkatnya volume limbah elektronik, atau dikenal sebagai e-waste, menimbulkan ancaman besar bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Komponen tertentu di ponsel misalnya, mengandung bahan berbahaya.

Jika tidak dibuang dengan benar, bahan yang ada dalam kandungan smartphone dapat melarutkan zat beracun ke dalam tanah dan air. Bisa saja kamu menghindarinya, karena, ponsel dapat digunakan kembali, diperbaharui, atau didaur ulang dengan cara yang ramah lingkungan.

Karena itu, menurut United States Environmental Protection Agency, hanya sekitar 20 persen limbah elektronik dari semua sampah secara global.
 

Sebelum mendaur ulang ponselmu


Sebelum membuang smartphone-mu, pastikan untuk menyimpan datamu ke cloud. Agar kamu enggak kelihangan data yang berharga.

Kamu juga perlu melakukan reset data pabrik ke teleponmu, sehingga kamu enggak meninggalkan data-data pribadimu untuk ditemukan orang lain.

Kemudian, ada baiknya kamu bersih-bersih data atau menghapusnya dari layanan yang didaftarkan, termasuk hapus akun Google kamu. Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat menemukan perangkat mana yang memiliki akses ke akun melalui pengaturan.
 

Cara mendaur ulang ponselmu


Ada beberapa cara untuk bisa mendaur ulang ponselmu. Berikut di antaranya:


1. Hasilkan uang

Pernahkah kamu meng-upgrade ke smartphone baru dengan menukarkan ponsel lamamu? Ya, itu cara termudah untukmu 'membuang' ponsel.

2. Pabrik smartphone

Biasanya ada pabrik smartphone yang menawarkan barter, seperti Samsung atau Apple. Jika barter ditawarkan, kamu dapat membeli smartphone baru dengan harga yang murah.

3. Eceran

Jika kamu sudah punya smartphone baru dan ingin menjual ponsel lamamu, ada juga opsi untuk itu. Misal di Inggris ada toko yang membeli ponsel bekas seperti Mazuma Mobile. Mereka akan membayarmu dengan uang tunai demi smartphone lamamu.
(FIR)