GADGET TALK

7 Rekomendasi Aplikasi untuk Konferensi Video selama Isolasi Covid-19

Sunnaholomi Halakrispen
Senin 02 November 2020 / 12:36
Jakarta: Isolasi mandiri di rumah disarankan untuk seluruh masyarakat Indonesia dalam menekan angka penularan covid-19 (new coronavirus).

Selagi work from home, tidak membatasi diri dalam rapat karena bisa diterapkan secara virtual yakni dengan video call. 

Jika organisasi kamu memiliki anggota tim yang tersebar di lokasi yang berbeda, kamu membutuhkan aplikasi video call yang tepat saat ingin melihat wajah satu sama lain meski berjarak jauh.

Salah satu alat paling berguna untuk meningkatkan produktivitas pekerja jarak jauh adalah konferensi video. Ada banyak aplikasi untuk konferensi video. Salah satunya, Cisco WebEx yang merupakan standar industri tetapi bisa saja mahal harganya.

Namun, ada aplikasi lain yang semakin populer dan bahkan ditawarkan gratis atau dengan biaya rendah. Berikut rekomendasi yang bisa kamu pilih.


zoom
(Zoom. Foto: Pexels.com)
 

1. Zoom


Zoom adalah salah satu solusi konferensi video paling populer untuk bisnis. Ini kaya fitur, dengan berbagai paket berdasarkan ukuran dan kebutuhan bisnis. Harga mengaksesnya berkisar dari gratis untuk pertemuan pribadi dasar hingga USD19,99 (sekitar RP292.341.85) per bulan per host (dengan minimum 100 host) untuk perusahaan besar.

Fitur-fitur untuk paket tingkat perusahaan mencakup hingga 200 peserta rapat, penyimpanan cloud tanpa batas, email khusus, URL pertemuan rias, dan banyak lagi. Namun jika kamu ingin konferensi video tanpa bayar, maksimal penggunaannya hanya sekitar 40 menit untuk sekali akses.


Google Hangouts
(Google Hangouts. Foto: Dok. Google Hangouts.com)
 

2. Google Hangouts


Peluncuran Google ke pasar konferensi video adalah bagian dari layanan Google Hangouts. Hangouts sering dianggap sebagai layanan penggunaan perorangan, tidak kaya fitur seperti layanan komersial dan siap pakai perusahaan lainnya.

Namun, untuk bisnis yang lebih kecil, atau mereka yang memanfaatkan sepenuhnya G-Suite di seluruh operasinya, Hangouts dapat menjadi alat yang efektif untuk komunikasi video. Biayanya bisa rendah, tergantung pada langganan G-Suite tim kamu, yang dimulai dari USD6 per (sekitar Rp88.203) bulan per pengguna.


Google Meet
(Google Meet. Foto: Dok. Indianexpress.com)
 

3. Google Meet


Diciptakan untuk pelanggan perusahaan, Google Meet adalah versi upgrade dari Google Hangouts. Google Meet dirancang di sekitar pertemuan video terjadwal di antara anggota tim, dengan fitur yang mirip dengan Zoom seperti sinkronisasi kalender, pemesanan ruang konferensi, dan antarmuka pengguna.


GoToMeeting
(GoToMeeting. Foto: Dok. Gotomeeting.com)
 

4. GoToMeeting


GoToMeeting memiliki banyak fitur berguna, termasuk rapat instan atau penjadwalan rapat, layanan transkripsi rapat, dan perpesanan rapat dalam aplikasi di antara para peserta. Harga GoToMeeting mulai dari USD14 (sekitar Rp205.807)/bulan untuk grup hingga 10 peserta rapat, dan biaya USD29 (sekitar Rp426.314)/bulan untuk grup yang lebih besar dari 150 peserta.


Skype
(Skype. Foto: Dok. Skype.com)
 

5. Skype untuk Bisnis


Layanan Skype populer Microsoft ditambah sebagai alat konferensi video yang siap untuk perusahaan. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur bisnis, seperti memungkinkan hingga 250 peserta dalam rapat dan koneksi dengan pengguna Skype lainnya dan kemampuan papan tulis virtual.

Namun ada beberapa keterbatasan, seperti kurangnya fitur konferensi audio dial-in yang terintegrasi, dan kurangnya dukungan perangkat keras dengan paket yang hanya online. Biaya pengguna mulai dari USD2 (sekitar Rp29.401) per pengguna per bulan.


Cisco WebEx
(Cisco WebEx. Foto: Dok. Peakinsight.com.au)
 

6. Cisco WebEx


Layanan standar industri, terutama bagi mereka yang memiliki banyak anggota tim atau perusahaan yang luar biasa besar. Layanan konferensi video WebExc Cisco beroperasi seperti gabungan dari konferensi web dan layanan panggilan suara.

Sebab, memungkinkan bergabung dalam rapat online atau melalui telepon, tergantung pada lokasi dan kemampuan peserta pada saat itu. Harga mulai dari USD13,50 (sekitar Rp191.106)/host/bulan.


BlueJeans
(BlueJeans. Foto: Dok. Bluejeans.com)
 

7. BlueJeans


BlueJeans adalah aplikasi konferensi web berfitur lengkap yang terintegrasi dengan alat kolaborasi.

Menguji pendekatan yang sederhana dan modern, berbeda dengan beberapa layanan yang lebih kompleks yang ditawarkan oleh pesaing, Bluejeans menggunakan sistem pertemuan, ruang, dan acara untuk memungkinkan pertemuan video di mana saja.

Tidak diperlukan perangkat lunak dengan kemampuan untuk meluncurkan rapat dari browser. Selain itu, layanan ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah melihat semua aktivitas konferensi video di organisasi kamu.

Paket mulai dari USD16,65 (sekitar Rp235.208)/bulan/host untuk tim perusahaan. Jadi, pilih yang mana yang paling tepat untuk kamu dan organisasimu ya!
(TIN)