GADGET TALK

Instagram Siapkan Fitur untuk Dukung Kreator Dapatkan Keuntungan

Gervin Nathaniel Purba
Jumat 30 April 2021 / 12:00
Jakarta: Instagram akan membangun fitur baru yang berguna bagi pembuat konten (kreator konten) dan influencer untuk mendapatkan uang. Fitur ini akan membantu merekomendasikan produk dari pembuat konten yang dipasarkan di platform dan menghubungkannya dengan influencer.

Hal itu disampaikan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, dalam siaran Instagram Live dengan CEO Instagram Adam Mosseri, kemarin, Selasa, 27 April 2021. Selama video streaming langsung, Zuckerberg juga mengatakan jejaring sosial itu akan meluncurkan Creator Shops sebagai bagian dari dorongan e-niaga.

Pengumuman tersebut merupakan bagian dari upaya Facebook untuk melayani ekonomi kreator, di mana influencer media sosial, jurnalis, dan lainnya mendapatkan uang langsung dari penggemarnya di berbagai platform. Termasuk Clubhouse, Patreon, Substack, dan YouTube.

"Facebook akan membangun program afiliasi yang memungkinkan kreator mendapatkan potongan penjualan dari produk yang mereka rekomendasikan," kata Zuckerberg, dikutip dari Asia One, Rabu, 28 April 2021.


(Pengumuman tersebut merupakan bagian dari upaya Facebook untuk melayani ekonomi para kreator. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Sementara itu, Adam Mosseri mengatakan, marketplace baru ini akan menghubungkan kreator dengan brand, sehingga akan membantu kreator dengan jumlah pengikut yang tidak terlalu banyak bisa mendapatkan uang juga.

Inovasi ini dinilai untuk menjawab kekhawatiran yang berkembang dalam ekonomi kreator akibat perbedaan pendapatan. Para tokoh media sosial teratas sering kali mendapatkan penghasilan yang sangat besar. Tetapi, kreator yang lebih kecil berjuang untuk mencari nafkah.

"Jika kami dapat membantu mempertemukan (kreator dengan influencer, dan pengguna lainnya), kami dapat membantu mengarahkan lebih banyak dolar kepada kreator yang lebih kecil, yang dapat melakukan pekerjaan luar biasa untuk brand," kata Mosseri.

Upaya ini merupakan bentuk upaya Instagram untuk mengejar ketertinggalan dengan TikTok, yang telah menguji berbagai fitur e-commerce. Seperti belanja streaming langsung.
(yyy)