GADGET TALK

Makna Google Doodle pada Hari Perempuan Sedunia

A. Firdaus
Selasa 08 Maret 2022 / 08:46
Jakarta: Setiap 8 Maret setiap tahunnya diperingati Hari Perempuan Sedunia. Dan, Google Doodle pun punya tampilan menarik dalam merayakan Hari Perempuan Sedunia tahun ini.

Google Doodle merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan tampilan slide animasi yang menceritakan beragam profesi perempuan di berbagai belahan dunia. Mulai dari Ibu Rumah Tangga, hingga mencari nafkah dengan menjadi seorang montir.

Temanya, Google ingin mengangkat peran penting perempuan, baik untuk mereka sendiri, keluarga, hingga komunitas di sekelilingnya.

Sementara itu, tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini dilansir Unric.org adalah #BreakTheBias 'Gender equality today for a sustainable tomorrow atau jika diartikan Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan.

Adanya Hari Perempuan Sedunia sudah diperingati lebih dari 100 tahun yang lalu. Alasannya, pada 1908 terjadi kerusuhan besar, penindasan, dan ketimpangan yang dialami perempuan. Atas dasar itu, para perempuan saat lebih vokal dan aktif dalam mengampanyekan perubahan.

Ketika itu, belasan ribu perempuan melakukan aksi ke jalan New York untuk menuntut jam kerja lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan memberikan mereka hak untuk bersuara. Alhasil, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan untuk merayakan Hari Perempuan Nasional (NWD) pada 28 Februari.

Sejak saat itu, di berbagai belahan dunia para perempuan pun juga melakukan aksi yang sama. Seperti dilakukan oleh Pemimpin Kantor Perempuan di Partai Sosial Demokrat Jerman.

Sehingga melebarlah usulan itu dengan adanya konferensi yang menghadirkan 100 perempuan dari 17 negera untuk mendeklarasikan Hari Perempuan Sedunia. Awalnya Hari Perempuan Sedunia dirayakan pada 19 Maret di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Sementara Rusia pada 23 Februari.

Kemudian pada 1914, Hari Perempuan Sedunia sepakat diperingatkan pada 8 Maret, hingga saat ini masih berlangsung.
(FIR)