FITNESS & HEALTH

4 Tips untuk Mendapatkan Tidur Malam yang Berkualitas

Raka Lestari
Jumat 30 Oktober 2020 / 18:00
Jakarta: Mendapatkan tidur malam yang berkualitas sangat baik untuk kesehatan, baik secara fisik dan mental. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu juga bisa bangun dengan lebih segar pada keesokan harinya.

“Berinvestasi pada tidur dapat memberikan kebaikan untuk tubuh, seperti meningkatkan produktivitas, kesehatan mental, dan tingkat energi selama seharian penuh,” ujar pakar dan ahli tidur Michael Grandner.

Akan tetapi, terkadang mendapatkan tidur yang berkualitas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum tidur, agar tidurmu berkualitas:
 

1. Cobalah untuk menghentikan berbagai aktivitas


Menurut Gardner, sebelum tidur sebaiknya seseorang menghentikan berbagai aktivitas yang mereka lakukan, meski sekadar menonton televisi. Setidaknya, dua atau tiga jam sebelum tidur.

“Melakukan hal yang bisa membuat rileks dan menjadikannya sebagai rutinitas sebelum tidur dapat membantu mental kamu untuk berganti dari suasana yang sibuk menjadi suasana yang lebih santai. Hal itu bisa dilakukan dengan berjalan santai atau melakukan olahraga ringan sebelum tidur,” kata Gardner.
 

2. Meredupkan lampu


“Kamu bisa mengajarkan tubuh kamu untuk bersiap tidur dengan menyesuaikan cahaya dan suhu pada kamar tidur. Paparan lampu terang bisa menekan hormon melatonin, yang dibutuhkan untuk tidur,” ujar Cathy Goldstein, associate profesor neurologi di University of Michigan Sleep Disorders Center.

“Setelah makan malam, atau sekitar tiga jam sebelum waktu tidur biasanya aku akan mulai meredupkan lampu di rumah. Dengan meredupkan lampu dua jam sebelum tidur, aku akan menekan jam internal tubuh untuk tertidur,” ujar Goldstein.
 

3. Jangan menonton film di tempat tidur


Sebaiknya kamu tidak melakukan hal-hal yang berkaitan dengan tidur seperti menonton film di televisi atau laptop ketika sudah berada di tempat tidur. Jika kamu melakukannya, tempat tidur bukan menjadi tempat untuk tidur lagi. Dan hal itu membuat sulit tidur ketika sudah di tempat tidur.

Dengan mengajarkan pada pikiran, bahwa kasur adalah tempat untuk tidur, kamu akan lebih mudah tertidur.

"Jika kamu tidak bisa menghentikan kebiasaan itu, duduklah di atas selimut, atau membalikkan tubuh untuk membedakan secara fisik dari posisi tidurmu," terang Grandner merekomendasikan.
 

4. Jangan berada di kasur ketika sulit tidur


“Menghabiskan waktu di tempat tidur ketika mata masih terbuka dan kamu sulit tertidur hanya akan menyebabkan kamu bertambah sulit untuk tertidur,” kata Grandner.

Jika hal ini terjadi selama 20 – 30 menit, segera bangun dari tempat tidur. Semakin kamu memaksa tubuh untuk tertidur, semakin sulit untuk tertidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa pergi ke ruangan lain di rumah dan tunggu sampai kamu mengantuk barulah kembali ke tempat tidur.
(FIR)