FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Tidur tanpa Pakaian

Kumara Anggita
Selasa 19 Januari 2021 / 08:45
Jakarta: Tidur tanpa pakaian atau telanjang mungkin terdengar agak aneh. Nyatanya kebiasaan ini memberikan banyak manfaat yang tidak kamu sangka.

Dikutip dari Healthline, ini 5 manfaat tidur tanpa pakaian antara lain:
 

1. Kamu tidur lebih cepat


Suhu tubuhmu adalah salah satu kunci bagaimana kamu bisa dengan mudah untuk tertidur. Dan, mendinginkan tubuh adalah cara untuk memberi tahu tubuhmu bahwa sudah waktunya untuk tidur. Jadi tidur telanjang dan menurunkan suhu tubuh sebenarnya dapat membantu kamu tidur lebih cepat.
 

2. Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik


Pendinginan tubuh tidak hanya membantu kamu tertidur lebih cepat, tetapi juga meningkatkan kualitas tidurmu secara keseluruhan. Suhu ideal untuk kamar tidur adalah antara 15°C hingga 19°C.

Satu studi pada 2012 dari National Institutes of Health menemukan bahwa, suhu ruangan tempat kamu tidur adalah salah satu faktor terpenting dalam mencapai kualitas tidur. Tidur telanjang adalah salah satu cara untuk tetap sejuk di balik selimut.
 

3. Menjaga kesehatan kulitmu


Tidur telanjang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu secara keseluruhan. Hal itu juga dapat memperbaiki kondisi kulitmu.

Satu penelitian kecil mengamati apakah kurang tidur membatasi kemampuan kulit untuk sembuh dari luka kecil. Ditemukan bahwa kelompok yang tidur nyenyak pulih lebih cepat daripada dua kelompok lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membantu kulitmu pulih dan tetap sehat. Dan, tidur telanjang dapat membantu hal itu, bahkan lebih baik.
 

4. Mengurangi stres dan kecemasan


Alasan lain mengapa tidur telanjang bisa menjadi perubahan yang baik, karena hal itu dapat membantu mengurangi stres dan kecemasanmu secara keseluruhan. Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur berdampak besar pada tingkat stres. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur terkait dengan depresi dan bahkan peningkatan risiko bunuh diri.
 

5. Meningkatkan kepercayaan diri


Tidur telanjang juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan dirimu dengan tubuhmu dan meningkatkan harga diri kamu. Satu studi menemukan bahwa menghabiskan waktu telanjang membantu meningkatkan harga diri dan citra tubuh secara keseluruhan, yang tentunya merupakan kemenangan dalam hal merangkul cinta diri.
(FIR)